Friday, March 24, 2017

Investor Migas Asing 2009 Menurun

December 19, 2009 by  
Filed under BBG, BBM

Minat dari investor asing terhadap tender WK migas selama tahun 2009 ini sangat menurun dari tahun tahun sebelumnya.Sudah bisa dipastikan penurunan investor Migas asing disebabkan oleh  masalah yang klasik, kendalanya adalahaturan aturan yang terdapat didalam kontrak  Migas kurang jelas, seperti halnya permasalahan insentif khususbagi pelaku bisnis yang memiliki resiko tinggi ini. Disamping itu belum adanya kepastian hukum terhadap kontrak  yang sudah disepakati bersama, sangat mengkhawatirkan para pelaku bisnis MIGAS asing di negri ini.

Dengan mekanisme kontrak yang tidak atraktif lagi, akan menyebabkan  investor asing bisa pergi  mencari negar lain yang memiliki term and condition migas lebih aman di banding di Indonesia. Seperti halnya kontrak bagi hasil (production sharing contract (PSC) di Indonesia, soal term and condition proyek, awalnya Indonesia memiliki term and condition serta ketersedian insentif bagi investor. Tetapi di perjalanan, saat terjadi perubahan market yang naik-turun respon Pemerintah Indonesia sangat tinggi.

Belum pastinya persoalan cost recovery adalah penyebab anjloknya investasi migas. Sejak cost recovery memberlakukan capping beberapa komponen cost, kelihatannya minat investor mulai meurun. Oleh karna itu alangkah baiknya  pemerintah mempertimbangkan kembali soal capping cost recovery.

jika pada tender WK migas 2008, pemerintah bisa menjaring sekitar 34 KKS pada 2009 jumlah KKS hanya 14. Kenyataan akan  menurunnya minat investor yang disebabkan oleh persoalan belum jelasnya soal cost recovery, juga ada masalah utama lain yang mempengaruhi bisnis hulu migas Indonesia, yaitu krisis keuangan dunia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.