Thursday, July 27, 2017

Investasi US$10 miliar di kelistrikan akan masuk

April 3, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Nilai investasi asing di sektor kelistrikan yang akan masuk pada tahun ini diperkirkan mencapai US$10 miliar, seiring dengan pelaksanaan program percepatan megaproyek pembangkit listrik 10.000 MW tahap II.

Meirios Moechtar, Anggota Komite Penanaman Modal Bidang Teknologi Energi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mengungkapkan investor swasta asing dan nasional akan berpartisipasi sekitar 55%-60% terhadap penyelesaian proyek 10.000 MW tahap II yang diperkirakan menelan dana sekitar US$16 miiar-US$18 miliar.

“Hampir US$10 miliar dari total pendanaan itu [10.000 tahap II] akan didanai oleh swasta nasional dan asing, tetapi sebagian besar pasti asing. Pemerintah akan menyediakan sisanya yang US$6-US$8 miliar. Perkiraan kami, investasi asing untuk listrik ini bisa mencapai US$10 miliar sampai akhir tahun,” ujarnya, hari ini.

Menurut dia, besarnya porsi investasi asing dibandingkan swasta nasional karena kapasitas pembangkit listrik yang akan dibangun juga berskala besar sehingga membutuhkan investasi lebih mahal. Dia menyangsikan pihak swasta nasional mampu ikut andil dalam proyek pembangkit yang membutuhkan dana besar. “Sepertinya sangat sulit kalau swasta nasional bekerja sendiri, kecuali mungkin untuk proyek skala yang sangat kecil. Baru nasional akan masuk.”

Dari nilai investasi kelistrikan yang dicatat BKPM hingga kini sekitar US$2 miliar-US$3 miliar, lanjut dia, hampir 90%nya berasal dari investor asing yang digunakan untuk investasi di berbagai pembangkit listrik. Beberapa investor tersebut berasal dari Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Sebenarnya beberapa investor asing juga telah mengajukan minatnya untuk berinvestasi di sektor listrik kita, tetapi negoisasinya masih terganjal soal harga jual listrik dengan PLN [Persero],” tutur Meirios.

Terkait persoalan investor yang terbentur negosiasi harga listrik dengan BUMN listrik tersebut, Dirut PLN Dahlan Iskan tidak bersedia memberikan penjelasan apapun. “Nantilah saya jelaskan kepada anda bagaimana persoalan yang sebenarnya. Itu [negosiasi harga listrik] panjang ceritanya,” tutur dia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.