Tuesday, May 23, 2017

Investasi Medco & LIA di Area-47 Libia US$321 juta

May 8, 2010 by  
Filed under BBM

PT Medco Energi Internasional Tbk dan Libyan Investment Authority (LIA) telah menginvestasikan dana US$321 juta di Area-47 Libia, yang diketahui memiliki cadangan 352 juta barel setara minyak.
Direktur Proyek Medco Energi Lukman Mahfoedz mengatakan berdasarkan kontrak EPSA IV, sistem bagi hasil minyak di Libia, investor berbagi beban atas biaya investasi sesuai dengan besaran hak partisipasi yang dimiliki. Hingga hari ini, katanya, Medco Energi dan LIA yang sama-sama memiliki hak partisipasi 50% telah membelanjakan dana sebanyak US$321 juta.

“Sampai hari ini investasi sudah sebesar US$321 juta. Itu dibagi dua antara Medco Energi dan LIA,” katanya hari ini.

Lukman mengatakan untuk program tahun ini kedua investor akan membelanjakan dana US$78 juta. Dana tersebut, katanya, akan digunakan Medco Energi selaku operator blok untuk kegiatan pengeboran tiga sumur eksplorasi, dua sumur appraisal, dan tiga sumur uji.

Hingga kuartal pertama, katanya, Medco Energi dan LIA telah menuntaskan kegiatan pengeboran sumur uji L1-47/02 yang ditaksir menghabiskan dana sebesar US$8 juta. “Q1 kami sudah menyelesaikan pengeboran sumur uji itu. Saya tidak ingat angka persisnya, tetapi biasanya setiap sumur di Libia itu menghabiskan dana sekitar US$8 juta.”

Sebelumnya, Dirut Medco Energi Darmoyo Doyoatmojo mengungkapkan perusahaan telah mendapatkan temuan aliran minyak yang ke-13 melalui sumur uji L1-47/02 Area 47 Libia dengan total temuan sebanyak 2.794 bph. Temuan itu diperoleh dari pengeboran sumur uji L1-47/02 pada 21 April 2010.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.