Monday, October 23, 2017

Industri Migas Minta Keluwesan dalam Pidana Air Limbah

April 4, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Ancaman hukuman pidana terkait ketentuan baku mutu air limbah dan gas buang dalam UU Lingkungan Hidup (LH) Nomor 32/2009 mulai berlaku sejak 1 April lalu. Para kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) kini tengah berupaya meminta ketentuan ini berlaku fleksibel terkait upaya mereka untuk membangun fasilitas eksplorasi dan produksi migas yang memenuhi aturan itu.

“Kami terus berkoordinasi dengan polisi di daerah, kejaksaan, dan aparat lain. Intinya, industri cuma minta ada fleksibilitas,” ujar Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu (BP) Migas R Priyono di Jakarta, Jumat (2/4).

Menurut Priyono, pihaknya terus mendorong supaya para operator blok migas tersebut secepatnya bisa memenuhi ketentuan tersebut. “Kesiapan industri migas juga harus mengikuti. Kami menghindari supaya jangan sampai industri untuk kemakmuran rakyat ini menjadi terkena masalah pidana yang bisa berimbas terhadap kinerja mereka sehingga produksi bisa turun,” tutur Priyono.

Pihaknya melakukan koordinasi dengan aparat hukum untuk meminta penerapan aturan tersebut bisa ditetapkan secara bertahap. “Kami berkoordinasi dengan kejaksaan maupun badan reserse dan kriminal (Bareskrim) Polri supaya mereka membantu mengamankan jangan sampai ada tindakan penegakkan aturan tersebut di daerah justru akan menunda produksi perminyakan,” ujar Priyono.

Pihak KKKS meminta standar baku mutu belum sesuai dengan yang ditetapkan bisa bergradasi karena butuh peralatan untuk mendukung itu. Tujuannya supaya aturan tersebut tidak langsung diterapkan tindak pidana.

Sebelumnya, imbuh Priyono, para KKKS telah mengajukan permintaan penundaan ketentuan itu kepada pemerintah. “Kami meminta penundaan rata-rata tiga tahun kepada Menko Perekonomian, karena ini ketentuan ini bisa berdampak terhadap turunnya realisasi target produksi (lifting) migas yang mempengaruhi penerimaan negara,” ujar Priyono.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.