Saturday, March 25, 2017

Indonesia Tuan Rumah World Geothermal Congress (WGC) 2010

February 23, 2010 by  
Filed under Conference, Geothermal

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pertemuan World Geothermal Congress (WGC) 2010. Kongres yang akan diselenggarakan di Bali nanti merupakan pertemuan yang ke lima kalinya.

World Geothermal Congress merupakan forum pertemuan bagi ilmuwan, pakar panasbumi, industri serta pihak-pihak lain yang terkait dengan panasbumi untuk bertemu, mempromosikan, menyebarluaskan informasi serta memperkenalkan teknologi terbaru dalam pengembangan panasbumi.

Penunjukan Bali, Indonesia sebagai tuan rumah dilakukan setelah ditandatanganinya nota kesepahaman antara pihak International Geothermal Association [IGA] dan pihak Indonesia Geothermal Association [INAGA] 29 April 2005. Kongres ini diadakan 5 tahun sekali mulai dari tahun 1995 di Pisa, Italy; tahun 2000 di Bepu, Japan; tahun 2005 di Antalya, Turkey dan tahun 2010 ini yang akan diadakan di Bali, Indonesia.

Penyelenggara WGC 2010 adalah Asosiasi Panasbumi Indonesia yang didukung oleh Pemerintah Indonesia melalui Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral [ESDM] serta dilaksanakan oleh Professional Congress Organizer [PCO] yang sudah ditunjuk yaitu Pacto Convex dibawah arahan dari pihak IGA maupun pihak INAGA. Tempat penyelenggaraan dari WGC2010 ini adalah di Bali International Convention Centre [BICC] Nusa Dua, Bali pada 25-30 April 2010.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan panasbumi terbesar didunia. Sebagai negara yang memiliki banyak gunung berapi, Indonesia terbukti memiliki energi panas bumi yang sangat besar diperkirakan mencapai 27.510 MW dengan total kapasitas 1.052 MW. Potensi tersebut tersebar pada 256 lokasi.

Akhir dari penyelenggaraan kongres ini diharapkan dapat menghasilkan ‘Bali Declaration’ yang akan mendorong pengembangan panasbumi pada masa yang akan datang yang merupakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. WGC2010 ini juga akan menjadi forum yang sangat penting mengingat target pemerintah untuk menambahkan 4.700 MW dari panasbumi yang diharapkan bisa tercapai pada tahun 2014 disamping ikut mempromosikan pariwisata di Indonesia, khusus nya Bali.

Informasi detail : http://www.wgc2010.org/

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.