Thursday, March 30, 2017

Indonesia Dan Malaysia Ancam Boikot Ekspor CPO ke Eropa

March 22, 2010 by  
Filed under Bio Energi, Featured

Indonesia dan Malaysia sepakat untuk menghentikan ekspor crude palm oil (CPO) ke Eropa dan Amerika jika komoditas ekspor dari dua negara ini masih dikenakan persyaratan dan isu negatif yang menyulitkan.

Menteri Pertanian Suswono menuturkan pemerintah akan berkonsentrasi untuk membuka pasar baru untuk komoditas primadona ini di luar Eropa dan Amerika Serikat.

Selain itu, katanya, Malaysia dan Indonesia sepakat untuk mengalihkan sebagian besar dari produk CPO untuk bahan bakar biofuel di dalam negeri.

“Kedua negara itu mencapai kesepakatan itu. Namun, kami juga akan melakukan kampanye putih ke Eropa pada Mei. Tujuannya untuk menjelaskan soal sawit lestari,” ujarnya di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurut Suswono, upaya ini merupakan bagian dari kampanye terhadap kampanye hitam yang dilakukan oleh NGO (non governmental organization). Padahal, Indonesia  sudah sangat peduli dengan lingkungan melalui keikutsertaan sebagai anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) meskipun bersifat sukarela.

Dia menilai Indonesia dan Malaysia yang merupakan 85% pemasok CPO dunia memiliki posisi tawar yang kuat itu, termasuk menentukan harga CPO dunia yang saat ini dilakukan di Rotterdam.

Indonesia dan Malaysia, lanjutnya, akan membentuk tim independen untuk menganalisa secara ilmiah terkait isu yang dilontarkan oleh NGO sehingga perusahaan yang mengimpor CPO mendapatkan masukan dari dua pihak, yakni konsumen dan produsen.

“Jadi, bila ada tuduhan bahwa industri sawit merusak lingkungan, maka lembaga independen itu yang akan melakukan pendalaman secara ilmiah dan melakukan pembuktian,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.