Tuesday, October 24, 2017

Impor Premium Pertamina Gunakan Indeks Platts

March 19, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina (Persero) telah mengimpor premium sebanyak 200.000 barel atau sekitar satu kargo Royal Dutch Shell dengan mengacu kepada indeks harga Platts Singapura.

Dirut Pertamina Karen Agustiawan mengatakan perusahaan telah menunjuk Petral, anak perusahaannya yang berbasis di Singapura, untuk mengimpor premium sebanyak 200.000 barel. Impor itu, tuturnya, merupakan bagian dari impor rutin premium yang dilakukan perusahaan.

Hal yang berbeda dengan impor-impor sebelumnya, tutur Karen, Petral menggunakan indeks harga Platts sebagai rujukan harga. Menurut dia, pemilihan indeks harga Platts tersebut merupakan bagian dari upaya transparansi perusahaan dalam kegiatan importasi bahan bakar minyak (BBM).

“Kemarin kami baru saja mengimpor 200.000 barel gasoline [premium] dari Shell. Kami mengacu pada harga Platts yang lebih transparan dan bisa mendapatkan harga yang lebih efisien. Yang bisa masuk dalam indeks tersebut bukan perusahaan sembarangan tapi yang besar-besar. Nanti kami yang melihat mana yang lebih murah. Ini baru mulai diterapkan dalam kegiatan impor kali ini,” tuturnya hari ini.

Selain itu Karen juga mengungkapkan ada dua unit kilang milik Pertamina yang dinilai secara keekonomian sudah tidak menguntungkan. Namun, katanya, perusahaan hingga kini masih terus mengoperasikan kedua kilang tersebut karena masih dibutuhkan untuk pengamanan pasokan.

“Sebenarnya dua kilang itu tidak menguntungkan, tetapi untuk security of supply masih dibutuhkan. Salah satu dari kilang itu kilang Plaju. Kerugian masih bisa ditutupi dari subsidi silang dengan kilang lain,” katanya yang menolak memberikan informasi mengenai kilang lain yang dimaksudnya.

Seperti diketahui, salah satu kilang yang menghasilkan margin besar bagi Pertamina karena memiliki tingkat kompleksitas tinggi adalah Kilang Balongan. Pertamina juga mengharapkan adanya peningkatan margin dari kilang-kilang lain melalui kegiatan revamping beberapa kilang dan juga pembangunan kilang baru.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.