Sunday, September 24, 2017

Impor batu bara coking India naik lima kali lipat

March 30, 2010 by  
Filed under Coal

Impor batu bara jenis coking India diperkirakan meningkat lima kali lipat dalam beberapa decade ke depan sehingga menempatkan negara itu sebagai pembeli batu bara terbesar seiring dengan meningkatnya permintaan untuk kebutuhan energi bagi pabrikan besi, mobil dan pembangkit listrik.

Gujarat NRE Coking Coal Ltd melaporkan Australia merupakan negara pemasok bagi kebutuhan batu bara negara itu yang diperkirakan meningkat pesat dalam beberapa dekade seiring dengan pesatnya ekonomi negara itu.

Perdana Menteri India Manmohan Singh pekan lalu mengatakan India harus menghabiskan dana sebesar US$1 triliun untuk sektor jalan raya, pelabuhan dan energi antara periode 2012 dan 2017 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi menjadi 10% dan menurunkan angka kemiskinan.

Data Australian Bureau of Agricultural and Resource Economics menyebutkan Jepang merupakan pengimpor batu bara jenis coking yang terbesar selama 2009. Setelah itu diikuti China dan India. Australia menyediakan sekitar 85% impor batu bara jenis coking untuk India.

“India memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan produksi besi. Pada tahun 2020, India akan melakukan import lebih dari 150 juta ton batu bara coking dan akan menjadi importir terbesar,” ujar Managing Director Gujarat NRE Arum Kumar Jagatramka hari ini.

Bahkan, lanjutnya, impor batu bara coking yang dicampur dengan bijih besi akan naik 33% menjadi 36 juta ton pada tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret 2011. Batu baru dengan kandungan energi yang lebih rendah atau dikenal sebagai batu bara termal biasanya digunakan pada pembangkit listrik.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.