Tuesday, January 17, 2017

Impor batu bara China akan capai 100 juta ton

April 13, 2010 by  
Filed under Coal

China, konsumen sekaligus produsen batu bara terbesar dunia, dapat menjadi importir bersih hasil tambang itu untuk tahun kedua setelah pemerintah negara tersebut menutup tambang yang tidak aman saat ekonomi meningkat.

Dirjen departemen batu bara National Energy Administration Fang Junshi mengatakan pengiriman yang masuk pada tahun 2010 mungkin menyamai level tahun lalu.

Tahun lalu, negara itu melakukan impor batu bara mencapai 103,4 juta ton. Tahun ini, impor itu diperkirakan melonjak setelah kerusakan keamanan pertambangan di negara itu menutup sekitar 1.000 tambang kecil tahun lalu saat ekonomi tengah mengalami perkembangan tercepat dalam kuartal keempat sejak 2007.

“Impor batu bara dapat mencapai 100 juta ton tahun ini,” kata Deputi direktur National Energy Adminitration Huang Li hari ini.

Fang menambahkan produksi batu bara negara itu diperkirakan mencapai 3 miliar ton pada 2010. Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China memproyeksikan produksi batu bara mencapai 3,15 miliar ton.

Menurut dia, dalam jangka panjang, China harus mengendalikan pertumbuhan produksi batu bara dan meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif untuk membangkitkan listrik.

Saat ini, batu bara digunakan sebagai bahan bakar untuk memproduksi sekitar 80% listrik negara tersebut dan produksi baja. Namun, seperti dikatakan Perdana Menteri China Wen Jiabao mengemukakan negara dalam kondisi suram karena polusi kian meningkat saat ekonomi tumbuh tiga kali dalam dekade terakhir.

“China tidak akan beralih ke energi alternatif dalam waktu dekat. Apalagi produksi dan konsumsi tahunan sebesar 3 miliar ton,” ujar Paul Manley, konsultan manajemen di Wood Mackenzie Consultants Ltd.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.