Wednesday, July 26, 2017

IMA Mengusulkan Wajib Divestasi 20% Di Pasar Modal

March 19, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Indonesian Mining Association (IMA) mengusulkan ketentuan soal wajib divestasi saham paling sedikit 20% bagi modal asing pemegang izin usaha pertambangan (IUP) dan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) setelah 5 tahun berproduksi juga ditawarkan di pasar modal.

Menurut Direktur Eksekutif IMA Priyo Pribadi Soemarno, pilihan penjualan saham divestasi di pasar  modal itu bisa mengantisipasi gagalnya divestasi bila pihak nasional tidak mampu membeli saham yang ditawarkan.

“Kami yakin pengusaha sanggup melakukan divestasi saham minimal 20% karena itu angka kompromi antara pemerintah dengan pengusaha. Sekarang tinggal pelaksanaannya saja,” tuturnya, hari ini.

Ketentuan soal divestasi saham yang tertuang dalam PP No. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu bara, jelas dia, merupakan jumlah saham asing yang harus ditawarkan untuk dijual kepada peserta Indonesia.

Hanya saja, tegasnya, divestasi saham itu dilakukan secara langsung kepada peserta Indonesia yang terdiri atas pemerintah, pemerintah daerah provinsi (pemprov), atau pemerintah daerah kabupaten/kota, BUMN, BUMD, atau badan usaha swasta nasional.

“Bagaimana kalau setelah ditawarkan ternyata tidak ada yang mau membeli? Makanya kami usulkan agar ada opsi penawaran di pasar modal. Itu bisa jadi opsi terakhir, jadi divestasi tidak gagal,” tutur Priyo.

Dalam ketentuannya, penawaran saham dilakukan dalam jangka waktu paling lama 90 hari kalender sejak 5 tahun dikeluarkannya izin operasi produksi tahap penambangan.

Pemerintah, pemprov, pemda kabupaten/kota, BUMN, dan BUMD harus menyatakan minatnya dalam jangka waktu paling lama 60 hari kalender setelah tanggal penawaran.

Apabila pemerintah dan pemprov atau pemda kabupaten/kota, BUMN, dan BUMD tidak berminat membeli divestasi saham, saham ditawarkan kepada badan usaha swasta nasional dalam jangka waktu paling lama 30 hari kalender.

Sementara badan usaha swasta nasional harus menyatakan minatnya dalam jangka waktu paling lama 30 hari kalender setelah tanggal penawaran

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.