Saturday, May 27, 2017

Hiswana Migas Solo Tolak Kenaikan Harga Elpiji 12 Kilogram

May 14, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kota Solo tidak setuju terhadap rencana kenaikan harga elpiji 12 kilogram yang diusulkan PT Pertamina. Karena hal ini akan berdampak sangat merugikan bagi kalangan agen, mengingat sampai saat ini sistem rayonisasi elpiji 3 kilogram masih belum diberlakukan.

Penegasan tersebut dikemukakan Ketua Bidang Elpiji Hiswanamigas Solo, Tien Suprapto saat dihubungi, Kamis (13/5). “Saat ini belum dinaikkan saja permintaan sudah anjlok 50%, apalagi nanti kalau dinaikkan. Karena sekarang ini banyak pengguna elpiji non subsidi yang beralih ke tabung 3 kilogram,” katanya.

Padahal, dulu aturannya tidak seperti itu. Elpiji bersubsidi yang didistribusikan dengan tabung ukuran 3 kilogram itu hanya diperuntukkan bagi kelompok masyarakat tertentu. Tetapi prakteknya dilapangan berbeda, karena ternyata tabung ukuran 3 kilogram itu dijual bebas dipasaran.

Usulan untuk menaikkan harga jual elpiji 12 kilogram ini dikemukakan PT. Pertamina beberapa waktu lalu. Dengan alasan untuk menghindarkan kerugian yang semakin besar. Karena harga keekonomian bahan bakar pengganti minyak tanah itu kini sudah mencapai Rp7.500/kg atau selisih Rp 2.000 dari harga jual saat ini.

Namun, Tien menilai usulan tersebut terlalu tergesa-gesa. Apalagi kondisi Masyarakat juga belum siap. Sehingga kalau tetap dilakukan bukan tidak mungkin akan memicu terjadinya gejolak. “Kalau memang Pertamina ingin menaikkan harga elpiji 12 kilogram, berlakukan dulu sistem rayonisasi penjualan elpiji 3 kilogram itu. Pemerintah juga harus memperhatikan nasib agen dan distributor,”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.