Saturday, May 27, 2017

Hiswana Migas Mengantisipasi Penguasaan Asing

March 22, 2010 by  
Filed under BBM

Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas), Mohamad Nur Adib mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mengantisipasi penguasaan pasar migas oleh asing yang kini mulai marak di Indonesia.

“Saat ini sejumlah perusahaan migas asing mulai menggerogoti pasar migas, sehingga kalau tidak diantisipasi penguasaan akan meluas sampai ke daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia,” kata dia, di Palembang, Sumatra Selatan, Minggu (21/3) ketika ditemui menjelang Munas Hiswana Migas yang berlangsung 21-23 Maret dan akan dibuka Dirut PT Pertamina, Karen Agustiawan, Senin (22/3).

Menurut Nur Adib, untuk mengantisipasi penguasaan pasar migas oleh asing tersebut, pihaknya secara organisasi akan mempersolid kinerja. “Dengan organisasi yang solid, kami yakin mampu mencegah penguasaan pasar migas asing yang kini mulai merambah sejumlah daerah,” ujar dia.

Ia menegaskan, Hiswana Migas yang solid diyakini mampu meningkatkan profesionalisme para anggota untuk mendistribusikan migas secara baik agar tidak ada kelangkaan migas di Indonesia dan pengusaha lokal mampu menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Dia menjelaskan pula bahwa kesejahteraan para agen dan pangkalan pun menjadi nilai penting dalam menjaga pasar lokal dari serbuan perusahaan migas asing, dengan memberikan kredit kendaraan bermotor bagi mereka.¬† “Kredit yang diberikan dengan mudah dan bunga ringan mampu mendorong mobilitas distribusi migas, sehingga tidak menjadi langka,” ujar Adib lagi.

Ketua DPD Hiswana Migas Sumatra Selatan, Djunaidi Ramli mengingatkan pula agar pemda jangan sampai memberikan ruang bagi perusahaan migas asing berjualan di daerah tersebut. “Kami mengimbau agar pemprov¬† tidak memberikan izin usaha bagi penjual migas asing, karena pemerintah harus mendorong tumbuh dan berkembang pasar migas lokal sehingga mampu meningkatkan perekonomian nasional,” kata anggota DPRD Sumsel dari Partai Hanura itu.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.