Friday, September 22, 2017

‘Hentikan penggunaan hutan sebagai pertambangan’

May 21, 2010 by  
Filed under Alternatif, Featured

Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mendesak pemerintah untuk menghentikan penggunaan kawasan hutan produksi dan hutan lindung sebagai kawasan pertambangan khusus bagi daerah yang tidak memiliki izin pinjam pakai.

Desakan itu disampaikan oleh Ketua Komite II DPD Bambang Susilo dalam acara diskusi bertema Pertambangan dan Kerusakan Lingkungan di Kepulauan Bangka Belitung. Selain Bambang, turut hadir dalam diskusi itu anggota DPD daerah pemilihan Bangka Belitung, Bahar Buasan.

Menurut Bambang, penggunaan kawasan hutan produksi dan hutan lindung sebagai kawasan pertambangan telah terbukti banyak merusak lingkungan di provinsi tersebut. Selain itu, ujarnya, kegiatan tambang liar juga marak di wilayah tersebut sehingga terjadi percepatan pengrusakan lingkungan.

Untuk itu, ujarnya, pemerintah perlu menerapkan rencana zonasi dan rencana tata ruang wilayah untuk menghindari penggunaan satu kawasan yang bukan peruntukannya. Dengan adanya rencana zonasi maka arah penggunaan sumber daya tiap satu kawasan akan memiliki struktur dan pola ruang.

Sementara itu, anggota DPD Bahar Buasan mengatakan perusahaan tambang perlu mengembangkan pola perekonomian baru dengan mencari solusi usaha alternatif di Bangka Belitung. Menurut dia, pola perekonomian alternatif yang bisa dilakukan di provinsi tersebut adalah sektor perkebunan, perikanan dan pariwisata.

Dengan mengembangkan sektor alternatif tersebut, katanya, masyarakat akan lebih bisa menikmati keberadaan perusahaan di wilayah tersebut. Dia melihat kondisi ironis dimana masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar pertambangan ter-marginalkan selama ini.

“Kita menginginkan sektor usaha alternatif yang tidak merusak lingkungan di samping menyejahterakan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.