Monday, May 22, 2017

Hatta: Kenaikan tarif listrik belum tentu 15%

March 15, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Menko Perekonomian Hatta Radjasa membantah besaran kenaikan listrik seperti angka yang dimunculkan Menkeu sebesar 15% karena besaran itu baru bisa ditetapkan setelah tuntasnya pembahasan dengan DPR.

“Pemerintah tidak bisa mengatakan sepihak. Oleh sebab itu, seluruh aspek itu harus dikaji, kemampuan APBN Kita untuk mensubsidi, kemampuan masyarakat Kita untuk membayar, bagaimana juga dengan katakanlah kemampuan keuangan PLN,” katanya sebelum Sidang Kabinet Paripurna di Istana Presiden, hari ini.

Dia menambahkan soal kenaikan tarif itu masih dalam pembahasan sehingga semua masih memungkinkan. “Jadi kita tunggu pembahasan bersama Dewan itu.”

Dalam hal ini, tuturnya, pembahasan dengan DPR akan dilakukan pada April- Mei. Di luar semua itu, ungkapnya, sejak jauh hari memang sudah ada persetujuan untuk kenaikan TDL sejak Januari.

Akan tetapi, katanya, dengan pertimbangan yang matang ternyata kenaikan itu tidak dlakukan. “Jadi nanti ini pun akan dibahas kembali.”

Menurut Hatta, pengurangan subsidi listrik diperlukan karena beban sudah sangat besar yaitu mencapai Rp54 triliun. Dalam hal ini, tambahnya, polanya dengan menempatkan pelanggan dengan daya 6.600 Kwh pada tarif komersial. “Tapi tetap harus berbicara dengan dewan, karena begitulah tata cara dan mekanismenya,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.