Friday, March 24, 2017

Harga Minyak Turun Lagi

March 5, 2010 by  
Filed under BBM

LONDON — Harga minyak turun kembali pada Kamis (4/3/2010) setelah sempat menembus 81 dollar AS. Menurut para analis, hal itu terjadi karena pasar terganjal oleh lebih banyaknya data yang turun di negara konsumen energi terbesar di dunia, Amerika Serikat.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman April, merosot 64 sen menjadi 80,23 dollar AS per barrel setelah sebelumnya mencapai angka harian tertinggi 81,01 dollar AS di perdagangan Asia. Adapun minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan April turun 63 sen menjadi 78,62 dollar AS.

Harga tertekan oleh berita bahwa penjualan rumah yang tertunda (rumah bekas pakai) di AS jatuh 7,6 persen pada Januari dibandingkan penjualan pada bulan Desember. Hal ini menunjukkan bahwa pasar perumahan AS, yang membantu memicu krisis keuangan global, belum sepenuhnya stabil.

Harga minyak juga jatuh karena kekuatan yang diperoleh dollar AS setelah muncul berita mengenai penurunan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran.

Minyak yang dihargakan dalam dollar AS itu menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lemah ketika dollar menguat. Hal ini memukul permintaan terhadap minyak mentah dan akhirnya mengakibatkan harga minyak turun.

Pedagang juga gelisah karena mereka menunggu apa yang mereka harapkan akan menjadi nyata, yaitu inisiatif Eropa untuk membantu Yunani yang lumpuh akibat krisis utang dan defisit publik.

Minyak melompat pada Rabu dan mendorong kontrak berjangka New York ke level tertinggi tujuh minggu karena pasar terdorong sebagian besar laporan stok minyak bumi AS.

Kompas.Com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.