Thursday, March 30, 2017

Harga minyak turun 0,8%

January 3, 2011 by  
Filed under BBM, Featured

Energi –  JAKARTA: Harga minyak mentah turun 0.8% pada perdagangan pukul 08.32 WIB hari ini.

Minyak mentah untuk pengiriman Februari turun menjadi US$91,30 per barel, untuk pengiriman Maret menjadi US$92,14 per barel, dan untuk pengiriman April menjadi US$92,83 per barel.

Mengutip data Sanford C. Bernstein & Co, Bloombeg menyebutkan permintaan minyak meningkat hampir dua kali dibandingkan dengan penawaran sehingga diperkirakan komoditas ini akan mencapai harga tertinggi kedua sepanjang sejarah pada 2011.

Prediksi Sanford C. Bernstein & Co dinilai paling akurat untuk harga minyak. Lembaga ini memproyeksikan rata-rata harga minyak pada tahun ini di level US$90 per barel.

Natixis Bleichroeder Inc yang berafiliasi dengan Bernstein memperkirakan harga minyak mentah pada tahun ini mencapai US$100 per barel, atau naik 26% dibandingkan dengan 2010.

Departemen Energi Amerika Serikat menyebutkan konsumsi minyak dunia pada tahun ini akan naik sebesar 1,7% ke rekor 87,8 juta barel per hari, dan produksi naik 0,9%.

Survei Bloomberg terhadap sejumlah ekonom menyebutkan pertumbuhan ekonomi China, konsumen energi terbesar di dunia, diperkirakan melambat menjadi 9% dari 10% pada tahun ini.

Namun, angka itu masih lebih besar tiga kalilpat dari pada pertumbuhan ekonomi AS dan enam kali dibandingkan dengan llaju ekonomi Eropa.

“Akibat kenaikan harga minyak, kapasitas produksi kemungkinan turun ke posisi terendah sejak 2003 karena 12 anggota organisasi negara-negara eksportir minyak (OPECA) meningkatkan penawaran,” tulis laporan Bernstein.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.