Sunday, March 26, 2017

Harga minyak merosot capai terendah 3 bulan

May 16, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

JAKARTA (Bloomberg): Harga minyak mentah merosot pada level terendah selama tiga bulan di New York seiring kekhawatiranĀ  bahwa krisis utang Eropa akan menurunkan pertumbuhan ekonomi global dan konsumsi bahan bakar.

Harga minyak melemah 3,8% dan nilai tukar Euro jatuh setelah CEO Deutsche Bank AG Josef Ackermann menyatakan bahwa Yunani mungkin tidak akan mampu membayar lunas seluruh utangnya. Departemen Energi menyatakan bahwa pasokan minyak mentah di Cushing, Oklahoma naik dan mencetak rekor pekan lalu.

Harga minyak mentah untuk pengiriman Juni jatuh US$2,79 menjadi US$71,61 per barel di bursa komoditas New York Mercantile Exchange, level terendah sejak 5 Februari. Harga minyak jatuh 4,7% pekan ini dan naik 22% dibandingkan setahun yang lalu.

Harga kontrak bahan bakar untuk pengiriman Juni melemah 6,43 sen atau 2,9% menjadi US$2,1308 per gallon di New York, level terendah sejak 7 Mei.

Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi menyatakan bulan lalu bahwa harga minyak di kisaran US$70-US$80 per barel ‘sudah hampir sempurna’ dan dia berharap bahwa harga minyak akan berada dalam kisaran tersebut. Raja Abdullah mentargetkan harga minyak pada level US$75 sebagai sebuah harga yang cukup adil untuk konsumen dan produsen.

Persediaan minyak mentah di Cushing meningkat 784.000 barel pekan lalu menjadi 37 juta, level tertinggi sejak Departemen Energi mulai mempertahankan rekor persediaan di lokasi penyimpanan pada 2004.

Harga kontrak minyak di Nymex untuk pengiriman di bulan Juni menembus level US$3,82 per barel, level ini lebih rendah dibandingkan bulan Juli. Kemarin selisih harga meningkat menjadi US$4,59, selisih kontrak front-month (bulan terdekat dengan berakhirnya masa berlaku kontrak) terbesar sejak 12 Februari 2009. Selisih harga kontrak diantara bulan Juni dan Desember mencapai US$9,42.

Sebuah laporan yang dilansir oleh Departemen Energi menunjukan bahwa total pasokan minyak mentah di AS meningkat 1,95 juta barel menjadi 362,5 juta, kenaikan keempat belas dalam 15 pekan seiring para perusahaan kilang minyak yang memangkas jumlah minyak yang disuling.

Harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Juni yang masa berlakunya habis hari ini, turun US$2,93 atau 3,7% untuk mengakhiri sesi perdagangan dengan level harga US$77,18 di bursa komoditas berbasis London, ICE Futures Europe Exchange. Level harga ini merupakan yang terendah sejak 1 Maret. Harga minyak mentah Brent yang biasanya lebih murah dari harga kontrak di bursa Nymex, diperdagangkan pada level harga US$5,57 per premium barel.

Harga kontrak minyak mentah Brent yang lebih akrif turun US$3,50 atau 4,3% untuk stabil pada level US$77,93 per barel.

Volume minyak mentah di Nymex mencapai 800.977 kontrak pada pukul 3:10 p.m di perdagangan elektronik di New York. Total volume mencapai 1,17 juta kontrak hari Jumat, terbanyak sejak 12 April dan 62% lebih besar dari volume rata-rata dalam tiga bulan terakhir. Tawaran awal mencapai 1,48 juta kontrak.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.