Tuesday, January 17, 2017

Harga Minyak di Asia Terlempar dari US$86

May 5, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Platts/McGraw-Hill Cos. memperkirakan persediaan minyak mentah di AS naik 1,5 juta barel

Harga minyak mentah untuk perdagangan Asia di bursa New York melemah hingga turun dari level US$86 per barel. Para investor tampak mengantisipasi bertambahnya lagi pasokan minyak mentah di Amerika Serikat (AS), yang akan diumumkan Rabu esok.

Berdasarkan transaksi elektronik yang dipantau dari Singapura, Selasa siang, harga minyak mentah untuk pasokan Juni turun 26 sen menjadi US$85,93 per barel. Dalam transaksi langsung di New York dini hari tadi, harga minyak hanya naik 4 sen menjadi US$86,19 per barel.

Harga minyak sempat menyentuh level tertinggi dalam 18 bulan terakhir pada level US$87,15 per barel pada transaksi di New Yok Senin kemarin. Harga minyak pun telah menguat sekitar 23 persen sejak Februari karena ekspektasi investor bahwa pertumbuhan ekonomi AS dan ekonomi global akan mendongkrak permintaan.

Namun, stok minyak mentah AS dalam beberapa pekan terakhir terus naik. Survei dari Platts/McGraw-Hill Cos. memperkirakan bahwa persediaan minyak mentah di AS per pekan lalu bertambah  1,5 juta barel. Sedangkan pemerintah melalui departemen energi baru mengumumkan laporan mingguannya Rabu besok.

Investor juga khawatir bahwa tingginya harga produk-produk minyak mentah seperti bensin pada akhirnya akan mengganggu pertumbuhan ekonomi.

“Ekonomi sejauh ini tidak memperhatikan sinyal bahwa naiknya harga minyak membuat pemulihan ekonomi mempertahankan kecepatan pemulihan ekonomi,” kata firma analis industri minyak, Cameron Hanover, dalam sebuah laporan.

Sementara itu, harga minyak mentah turun 36 sen menjadi US$88,58 per barel di bursa London.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.