Thursday, March 30, 2017

Harga Minyak Dekati Batas Bawah US$82/barel

May 5, 2010 by  
Filed under BBM

Harga minyak mentah untuk transaksi Asia di bursa New York kini mendekat ke batas bawah US$82/barel. Selain khawatir krisis utang di Eropa, para investor juga mencemaskan menumpuknya lagi persediaan minyak mentah di AS.

Berdasarkan transaksi elektronik yang dipantau dari Singapura, Rabu siang, harga minyak mentah untuk kontrak Juni turun 52 sen menjadi US$82,22/barel. Dalam perdagangan langsung di bursa New York dini hari tadi, harga minyak anjlok US$3,45 (4%) menjadi US$82,74/barel.

Banyak pelaku pasar cemas bahwa kesepakatan pinjaman talangan (bailout) dari negara-negara sesama pengguna euro (eurozone) dan Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar US$144 miliar kepada Yunani tampaknya sudah terlambat. Pasalnya, berdasarkan penurunan peringkat oleh Standard & Poor’s beberapa waktu lalu, Portugal dan Spanyol mulai mengalami masalah dengan utang.

Walau belum separah Yunani, masalah keuangan yang dihadapi Spanyol dan Portugal mempekuat keyakinan para pelaku pasar saham selama berbulan-bulan bahwa krisis utang di Eropa itu bisa menular dan ini dapat mengganggu pemulihan ekonomi global.

Para investor khawatir bahwa negara-negara Eropa yang juga punya masalah keuangan pada akhirnya mengikuti jejak Yunani, yaitu memohon bailout di tengah masih berlangsungnya pemulihan ekonomi secara regional.

Pelaku pasar pun mengantisipasi bila persediaan minyak mentah di AS kembali naik. Ini berdasarkan survei dari American Petroleum Institute bahwa stok minyak mentah di AS per pekan lalu diperkirakan bertambah 3 juta barel, sedangkan survei dari Platts/McGraw-Hill Cos. 1,5 juta barel.

Laporan resmi baru akan diumumkan Departemen Energi AS Rabu waktu setempat. Sementara itu, harga minyak mentah di bursa London turun 40 sen menjadi US$85,27/barel.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.