Saturday, March 25, 2017

Harga minyak anjlok jadi US$78,70 per barel

March 2, 2010 by  
Filed under BBM

NEW YORK – Harga minyak jatuh lebih dari 1% menjadi di bawah US$79 per barel pada Senin, karena para investor menjual dini dari kenaikan baru-baru ini dan dolar menguat terhadap euro.

Minyak mentah telah menguat pada awal perdagangan, tetapi gagal bertahan di atas US$80, di dekat kisaran atas yang terjadi selama beberapa bulan.

Dolar naik terhadap euro dan pound, menambahkan tekanan untuk minyak mentah, karena pasar tetap khawatir atas isu risiko utang negara di Eropa, termasuk paket bailout utang yang melilit Yunani.

Minyak mentah AS (kontrak New York) jenis light sweet untuk pengiriman April turun 96 sen menjadi US$78,70 per barel, setelah naik sebanyak 96 sen. Pada Jumat, kontrak naik hingga US$1,49 pada US$79,66 dan pada Februari membukukan persentase kenaikan bulanan terbesar sejak Mei 2009.

Di London minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan April turun 70 sen menjadi US$76,89 per barel.

“Kami melihat beberapa realokasi posisi pendek dan melemahnya euro juga adalah bagian dari itu dan sesudah menguat Februari, Anda akan gagal untuk mendorong di atas US$81,” kata Richard Ilczyszyn ahli strategi pasar senior di Lind-Waldock di Chicago.

Harga diperdagangkan di kisaran antara US$69 dan US$84 per barel sejak Oktober lalu, tapi sedang diperkuat sebagai level resistensi kunci adalah US$80 per barel, kata para analis.

Investor telah melihat data ekonomi yang lebih luas selama tahun ini untuk tanda-tanda pemulihan ekonomi dan potensi rebound permintaan energi.

Sektor manufaktur AS tumbuh pada Februari tetapi pada kecepatan lebih rendah dari yang diharapkan, menurut sebuah laporan industri yang dirilis pada Senin.

Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks aktivitas pabrik nasional menurun menjadi 56,5 pada Februari dari 58,4 pada Januari. Perkiraan median dari 80 ekonom yang disurvei oleh Reuters adalah untuk angka 57,5.

Kenaikan dolar membantu menekan minyak mentah. Harga minyak sering jatuh tahun ini ketika dolar menguat, membuat minyak mentah lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Dolar yang lebih kuat juga mengindikasikan investor mengalirkan dananya ke dalam “safe haven” dan keluar dari aset yang dianggap lebih berisiko, termasuk komoditas.

Minyak rally pada awal perdagangan pada kombinasi sentimen bullish dan peningkatan harga berjangka tembaga besar-besaran menyusul gempa bumi pada Sabtu di Cile, produsen logam terbesar dunia.

Perusahaan energi Cile ENAP mengatakan pihaknya meningkatkan impor minyak diesel setelah dua dari kilang minyak — Aconcagua dan Bio Bio dengan kapasitas gabungan sebesar 220.000 barel per hari — mengalami kerusakan dalam gempa Sabtu.

Pada Minggu pejabat militer senior dari Iran, eksportir minyak mentah terbesar keempat dunia, mengatakan negara itu bisa membuat negara Eropa menderita dengan memotong pasokan energi dan bisa menargetkan setiap musuhnya dengan rudal.

Iran bersengketa program energi nuklir dengan Amerika Serikat dan sekutunya, yang mengatakan itu bertujuan untuk mengembangkan senjata. Teheran mengatakan hanya tertarik pada pembangkit listrik dan penelitian medis.

Pedagang minyak akan melihat laporan ekonomi minggu ini, dengan fokus utama pada data pengangguran AS pada Jumat, yang seharusnya memberi lebih banyak petunjuk pada pengeluaran konsumen, dan pinjaman rumah AS pada Rabu.

Badan Informasi Energi AS akan merilis laporan mingguan persediaan minyak mentah pada Rabu. Menurut jajak pendapat pendahuluan para analis Reuters, persediaan minyak mentah naik sebesar 1,3 juta barel minggu lalu, sementara stok distilat turun 600.000 barel dan stok bensin naik 400.000 barel.

(Antara)

Comments

One Response to “Harga minyak anjlok jadi US$78,70 per barel”
  1. Nishad says:

    Wah, ternyata colcolter nich tahu banget soal teknologi pengolahan minyak bumi. Kalau gitu, ayo dong bangkit generasi muda di bidang Perminyakan untuk menggali potensi minyak kita sebaik-baiknya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.