Friday, January 20, 2017

Harga Jual Listrik CBM Harus Kompetitif

May 14, 2010 by  
Filed under BBG

Jakarta-Tambang. Pemerintah perlu memberikan harga yang ekonomis bagi pengembangan Coal Bed Methane (CBM) untuk listrik pada 2011 mendatang. Hal ini untuk merangsang pengembangan energi alternatif di Indonesia selain minyak dapat berjalan dengan baik dan secara berangsur-angsur dapat menggantikan peran dari minyak.

“Jika pemerintah menerpkan harga jual listriknya sama seperti IPP itu tidak akan ekonomis, mengingat pengembangan CBM sebagai enegi alternatif relatif mahal,” kata Presiden Direktur Ephindo Sammy Hamzah kepada Majalah Tambang di Jakarta Rabu (12/5).

Dia menjelaskan, dalam menjual listrik kepada PLN tentu akan mempertimbangkan harga, mengingat investasi yang ditanamkan investor akan memperhitungkan biaya yang dikeluarkan. Apalagi dalam tahap pertama listrik yang dikembangkan masih dalam skala kecil, sehingga setiap pengeluaran yang dilakukan untuk biaya operasional sangat diperhitungkan.

“Berbeda jika yang sudah dikembangkan dalam skala besar, kita itu masih pilot project,” katanya.

Oleh sebab itu kata dia, pemerintah perlu memberikan dukungan sepenuhnya pengembangan bisnis di CBM, mengingat energi minyak terus berkurang dan sudah harus dikurangi secara bertahap. Dan sudah saatnya pemerintah mulai melirik energi alternatif sebagai solusi pengganti bahan bakar solar untuk pembangkit PLN.

MajalahTambang
Oleh Arif Dwi Cahyono
arif@majalahtambang.com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.