Saturday, July 22, 2017

Harga BBM tidak akan naik

March 15, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri, kendati rerata harga keekonomian premium dan solar telah mencapai US$1 atau setara dengan Rp9.000 per liter.

Evita Herawati Legowo, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan kondisi harga BBM yang terjadi saat ini masih dalam batas kewajaran.

“Harga BBM tidak akan naik karena kisaran harganya masih terbilang aman. Harga di pasar kan US$1 per liter  dan itu harga keekonomian untuk premium dan solar,” tuturnya, pekan lalu.

Dengan kondisi harga BBM tersebut, dia menambahkan pemerintah juga tidak perlu menaikkan alokasi anggaran subsidi BBM. Selain itu, jelas dia, patokan Indonesian Crude Price (ICP) per Februari masih sebesar US$50 per barel.

“Besaran subsidi BBM yang sekarang seharusnya tidak perlu naik. Itu masih cukup karena untuk sementara harga BBM dalam negeri belum akan ada perubahan,” tutur Evita.

Senada dengan itu, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan pemerintah tidak akan menaikkan harga BBM di dalam negeri, selagi masih berada dalam batas toleransi sebesar ICP ditambah 10% atau setara dengan US$84,7 per barel.

“Kami mengusahakan agar tidak ada kenaikan harga BBM, kecuali dalam kondisi benar-benar terpaksa,” tuturnya.

Menurut dia, batas toleransi yang ditetapkan dalam RAPBN-P 2010 merupakan batas tertinggi yang memungkinkan bagi pemerintah untuk melakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi.

Bahkan, tegasnya, dalam RAPBN-P 2010 telah diusulkan penyesuaian asumsi harga ICP dari semula US$65 per barel menjadi US$77 per barel untuk mengantisipasi gejolak harga minyak dunia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.