Thursday, April 17, 2014

Harga BBM bersubsidi berpotensi naik

March 12, 2010 by  
Filed under Featured

Pemerintah menyiapkan skenario penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jika harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) sepanjang tahun menembus US$84,7 per barel atau melebihi 10% dari asumsinya.

“Dalam hal perkiraan harga rata-rata minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price (ICP)) dalam 1 tahun mengalami kenaikan lebih dari 10% dari harga yang diasumsikan dalam APBNPerubahan 2010, pemerintah diberikan kewenangan untuk melakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi,” tulis pemerintah di pasal 7 (3) Rancangan Undang-Undang APBN-P 2010.

Seperti diketahui, dalam dokumen Nota Keuangan dan RAPBN-P 2010 yang Bisnis.com terima baru-baru ini menyebutkan asumsi ICP direvisi naik dari US$65 per barel di APBN 2010 menjadi US$77 per barel.

Sementara itu, untuk subsidi BBM, bahan bakar nabati (BBN) dan elpiji untuk tahun ini diperkirakan sebesar Rp89,29 triliun atau 29,9% lebih tinggi dari pagu APBN 2010 yang hanya Rp68,72 triliun.

Dokumen tersebut juga menulis pengendalian anggaran subsidi BBM pada tahun ini dilakukan melalui efisiensi terhadap biaya distribusi dan margin usaha (alpha), serta melakukan kebijakan penghematan konsumsi BBM bersubsidi.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu memperkirakan ketahanan neraca keuangan Indonesia pada tahun ini hanya cukup untuk menampung beban subsidi energi hingga rata-rata ICP sekita US$85/barel.

Artinya, jika ICP menembus level US$85/barel, maka dapat dipastikan defisit anggaran melebar dari yang diproyeksi di RAPBN-P 2010 sebesar 2,1% PDB atau Rp129,8 triliun

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.