Saturday, October 21, 2017

Gunakan EOR, Produksi Migas Diproyeksi Naik 30%

April 22, 2010 by  
Filed under BBM

JAKARTA – Pemerintah tetap optimistis untuk mengupayakan produksi migas nasional sesuai yang sudah ditargetkan dalam APBN yaitu sebesar 965 ribu barel per hari, meski sumur-sumur minyak Indonesia merupakan sumur tua dengan rata-rata natural decline 12 persen.

Adapun cara untuk mencapai target tersebut adalah dengan penerapan teknologi tepat guna dan pembenahan beberapa aspek diharapkan target produksi migas nasional dapat tercapai.

Pengoptimalan produksi migas diupayakan dengan penerapkan beberapa teknik peningkatan produksi migas pada sumur minyak existing seperti teknik enhanced oil recovery (EOR). Dengan penerapan teknik ini cadangan produksi migas diperkirakan dapat ditingkatkan hingga mencapai 30 persen.

”Meski tergantung dengan kondisi sumur dan teknologi yang diterapkan namun dengan menggunakan EOR cadangan produksi sumur diperkirakan dapat meningkat menjadi 70 persen dari sebelumnya sekitar 35 persen,” ujar Dirjen Migas Evita Legowo, sebagaimana dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Rabu (21/4/2010).

Anggota Tim Pengawas Peningkatan Produksi Migas (P3M) KESDM Rudi Rubiandini menyatakan bahwa, target maksimum produksi migas nasional dapat dicapai bila langkah-langkah penting dan tantangan-tantangan yang dihadapi dapat diselesaikan secara koordinatif.

Adapun langkah-langkah urgent yang harus dilakukan adalah, pembenahan aspek regulasi, Health Safety and Environment (HSE), persetujuan POD/POP, komersial dan aspek pembebasan lahan.

Sedangkan tantangan-tantangan yang arus diselesaikan yaitu, exploration tax, RUU Cost recovery, azas cabotage (UU 17 /2008), amandemen UU No. 22 tahun 2001 dan Permen No.06 tahun 2010 (percepatan produksi), UU No, 32 tahun 2009, dan Permen LH No.04 tahun 2007 pasal 2 – lamp 1.

”Saya cukup optimistis bahwa target minimum 938 ribu barel per hari dapat tercapai dengan kondisi saat ini yang sudah dilakukan ESDM, BP Migas dan KKKS, tapi kalau 994 ribu barel per hari perlu langkah -langkah urgent dan tantangan di atas diselesaikan dengan benar,” ujar Rudi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.