Monday, May 22, 2017

Gubernur Sumut Kaget PLN Memperoleh Izin PLTA Asahan III

March 21, 2010 by  
Filed under Featured, Hydro Power

MEDANĀ  – Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin mengaku kaget karena Pemkab Toba Samosir (Tobasa) mengeluarkan izin pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III.

“Terus terang, saya kaget Tobasa mengeluarkan izin pembangunan PLTA asahan III,” kata Syamsul Arifin ketika berdialog dengan anggota Komisi VII dan Direksi PT PLN (Persero) di kantor Gubernur Sumut di Medan, hari ini.

Dalam pertemuan itu, Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan menyatakan pihaknya telah mendapatkan izin pembangunan PLTA Asahan III dari Bupati Tobasa, Monang Sitorus.

“Izin dari Tobasa sudah saya dapatkan,” kata Dahlan Iskan sambil menunjukkan surat dari Pemkab Tobasa.

Syamsul Arifin mengatakan menurut ketentuan yang berlaku izin pembangunan PLTA Asahan III harus ditangani dan dikeluarkan Pemprov Sumut karena lokasi pembangunan pembangkit listrik berkekuatan 2 x 90 MegaWatt (MW) itu berada di beberapa kabupaten, bukan hanya di Tobasa.

“Kalau di satu kabupaten saja, mungkin bisa bupati yang mengeluarkannya,” kata Syamsul Arifin. Namun, Syamsul Arifin mengharapkan pengeluaran izin dari Pemkab Tobasa itu tidak perlu dipermasalahkan lebih jauh.

“Maklum saja, nanti kita selesaikan,” kata mantan Bupati Langkat tersebut.

Kekagetan juga ditunjukkan beberapa anggota Komisi VII DPR yang mengikuti pertemuan tersebut. Wakil Ketua Komisi VII DPR, Effendi MS Simbolon menyatakan pihaknya tidak mengetahui sama sekali jika pemkab Tobasa mengeluarkan izin tersebut.

Bahkan, kata Effendi, pengeluaran izin itu juga tidak disampaikan Bupati Tobasa, Monang Sitorus ketika berdialog dengan beberapa anggota komisi VII DPR.

“Kemarin [Kamis, 18 Maret] malam kami masih ketemu, tapi kok tidak diberitahu,” kata anggoota DPR yang berasal dari PDI Perjuangan itu

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.