Thursday, July 27, 2017

RI kaji daya beli pasar domestik gas Donggi-Senoro

June 5, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengatakan pemerintah perlu memutakhirkan kembali kemampuan daya beli pasar domestik untuk membuat keputusan akhir atas alokasi pasokan produksi proyek gas alam Donggi-Senoro.

Menurut dia, ada perkembangan terbaru yang perlu dimuatkhirkan agar tidak terjadi pergeseran asumsi dalam mengambil kebijakan alokasi pasokan pascaproduksi.

“Setting ulang tentang kesiapan pihak domestik untuk membeli. Misalnya PLN sanggup membeli pada harga berapa dan pada jumlah berapa. Perlu mendapatkan laporan resmi dari PLN,” ungkapnya saat ditanya wartawan di Istana Presiden, hari ini.

Selain itu, tambahnya, pabrik pupuk yang tadi menjadi pembeli pula ternyata sekarang bertukar pemiliknya sehingga perlu mendapatkan gambaran terbaru soal kesiapan mereka.

Menurut dia, PLN dan industri pupuk harus menjelaskan kesiapan mereka, termasuk kesiapan likuiditasnya untuk membeli gas produksi Donggi-Senoro tersebut. “Kalau ternyata kemudian mereka tidak siap, lalu kami masih mengasumsikan mereka seperti data yang sudah ada, kan jadi beda dong.”

Terkait dengan proporsi alokasi pasokan gasnya, lanjutnya, Wapres Boediono mengarahkan ditetapkan pedoman pasokan untuk pasar domestik pada porsi batas minimal 25%.

Hanya saja, lanjutnya, hal itu belum menjadi keputusan karena menjadi bagian dari keputusan menyeluruh soal pengelolaan investasi ladang gas Donggi- Senoro.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.