Saturday, October 21, 2017

Garuda raih kontrak BP Migas Rp1 triliun

March 7, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia meraih kontrak pengangkutan dari Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) senilai Rpl triliun dalam jangka waktu 2 tahun. Kepala BP Migas R. Priyono mengatakan pemberian kontrak pengangkutan penumpang dan kargo ke maskapai pelat merah itu merupakan upaya meningkatkan pemanfaatan komponen dalam negeri pada industri hulu migas.

“Kami mendapatkan diskon tiket 15% dari Garuda karena kerja sama ini,” katanya dalam pidato penandatanganan MoU kerja sama corporate sales antara Garuda Indonesia dan BP Migas, kemarin. Menurut dia, kerja sama itu menjamin seluruh karyawan BP Migas dan keluarganya mendapatkan pelayanan penerbangan baik untuk kepentingan bisnis maupun wisata dari Garuda.

Priyono melanjutkan seluruh perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dengan BP Migas akan menggunakan penerbangan Garuda di rute domestik dan internasional dengan harga dan layanan khusus. “KKKS yang berjumlah 223 perusahaan dalam waktu 2 sampai 3 bulan ke depan akan mengikuti MoU ini,” ujarnya.

Menurut Priyono, selama tahun lalu perjalanan dinas seluruh karyawan BP Migas dan karyawan perusahaan KKKS
mencapai 100.000 kali perjalanan dengan pengeluaran mencapai Rp400 miliar. Priyono menjelaskan nilai pengeluaran perjalanan dinas itu terus meningkat seiring dengan bertambahnya kontraktor yang berinvestasi di Indonesia.

Data BP Migas memperlihatkan nilai pengeluaran seluruh KKKS dalam penggunaan jasa penerbangan pada 2007 sebesar Rp350 miliar sedangkan pada 2008 sebesar Rp385 miliar. “Dari data itu terlihat jelas keuntungan yang diperoleh dari efisiensi pemanfaatan komponen dalam negeri,” tuturnya. Dia memaparkan layanan penerbangan yang sering dibutuhkan BP Migas dan KKKS yakni domestik dan luar negeri dengan jarak terjauh ke Eropa.

BP Migas merupakan badan hukum yang dibentuk pemerintah berfungsi melaksanakan pengawasan perkembangan migas di Indonesia dengan mengoordinasikan sekitar 223 perusahaan KKKS. Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar mengatakan kerja sama dengan BP Migas akan mendongkrak pendapatan dari layanan corporate sales yang ditargetkan sebesar Rp2 triliun selama tahun ini.

“Target itu berasal dari 750 perusahaan yang bekerja sama dengan Garuda,” kata Emirsyah. Selama tahun lalu, maskapainya telah menandatangani kerja sama corporate sales.dengan sekitar 600 perusahaan besar di Indonesia dengan total pendapatan lebih dari Rp600 miliar.

bisnis Indonesia
Hendra Wibawa

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.