Wednesday, July 26, 2017

Galangan nasional siap garap 6 kapal tanker pesanan Pertamina

May 14, 2010 by  
Filed under BBM

Perusahaan galangan dalam negeri siap melaksanakan proyek pengadaan enam unit kapal tanker pesanan PT Pertamina (Persero) yang lelangnya baru diumumkan dalam pekan ini.

Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) Wing Wirjawan mengatakan setelah sempat tertunda beberapa pekan, lelang pengadaan enam unit kapal tanker Pertamina akhirnya dibuka.

Menurut dia, banyak perusahaan galangan nasional yang siap mengajukan penawaran menjadi peserta dalam tender tersebut mengingat selama ini mereka sudah mempersiapkan diri menghadapi dibukanya lelang itu.

“Galangan nasional sudah siap melaksanakan pembangunan kapal tanker baru pesanan PT Pertamina tersebut asal diberi kesempatan,” katanya kepada Bisnis.com siang ini.

PT Pertamina mengumumkan tender pengadaan enam unit kapal baru tanker dengan skema pengadaan langsung (direct purchase) dengan ukuran dan jumlah masing-masing  3,500 DWT (dead weight tonnage) sebanyak 3 unit, 1 unit untuk tanker berukuran 6.500 DWT dan 2 unit berukuran 17.500 DWT.

Dalam dokumen lelang yang diterima Bisnis menyebutkan perseroan BUMN itu mengundang galangan kapal nasional yang tertarik untuk berpartisipasi dalam proses lelang pengadaan kapal ini agar mendaftar ke panitia lelang pada 12—21 Mei 2010.

Wing menambahkan kapasitas galangan nasional untuk melaksanakan pembangunan kapal berukuran 3.500 DWT hingga 17.500 masih mencukupi sehingga pihaknya optimistis proyek tersebut bisa dilaksanakan oleh galangan nasional.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.