Thursday, January 19, 2017

Freeport bidik omzet konsentrat 2,5 juta ton

May 31, 2010 by  
Filed under Tambang

PT Freeport Indonesia (PTFI) menaikkan target penjualan konsentrat tembaga di pasar domestik dari 850.000 ton pada 2009 menjadi 873.800 ton pada tahun ini, seiring dengan peningkatan proyeksi total penjualan dari 2,4 juta ton menjadi 2,5 juta ton konsentrat tembaga sepanjang 2010.

Presiden Direktur & CEO PTFI Armando Mahler mengungkapkan sebagian besar produk konsentrat tembaga perusahaan raksasa tambang emas dan tembaga tersebut dipasarkan ke pabrik peleburan dalam negeri,yakni PT Smelting, pabrik didirikan oleh PTFI bekerja sama dengan Mitsubishi Corp.

“Bila pada tahun lalu PTFI menjual konsentrat tembaga untuk kebutuhan domestik sebanyak 32% dari total konsentrat yang dijual, pada tahun ini akan dinaikkan menjadi 36%. Jumlah konsentrat tembaga yang dijual ke dalam negeri itu sudah memenuhi 90% dari kebutuhan konsentrat di Indonesia,” kata dia, beberapa waktu lalu.

Namun demikian, lanjut Armando, PTFI berkomitmen menaikkan kembali volume penjualan konsentrat tembaga di pasar dalam negeri, sepanjang tetap menghormati ketentuan kontrak karya (KK) yang telah ditandatangani bersama Pemerintah Indonesia pada 30 Desember 1991.

Selain itu, dia menambahkan penambahan penjualan konsentrat tembaga di pasar dalam negeri bisa dilakukan apabila sesuai dengan persaingan pasar, menghormati komitmen jual-beli yang berlaku, dan tidak mengorbankan kepentingan keuangan, operasi, serta pemasaran PTFI.

“Jika di kemudian hari, di dalam negeri terdapat pabrik peleburan tembaga baru, PTFI dapat saja diminta untuk memasarkan konsentratnya ke pabrik tersebut. Tentunya dengan tetap menghormati kententuan KK yang berlaku.”

Terkait kebutuhan dana investasi, Armando menerangkan perusahaan itu membutuhkan sedikitnya US$15 miliar untuk keperluan operasional usaha, terutama pembangunan infrastruktur penunjang kegiatan operasi tambang hingga 2041.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.