Tuesday, January 17, 2017

Februari, Ekspor Non Migas Capai US$9,1 M

April 8, 2010 by  
Filed under Alternatif

Jakarta – Pemerintah mencatat ekspor non migas selama Februari lalu mencapai US$9,1 miliar. Jumlah tersebut meningkat sebesar 48,3% atau Rp3,0 miliar dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Ada peningkatan yang signifikan, nilai itu bahkan lebih tinggi dari kinerja Februari 2008, sebelum krisis global terjadi,” ucap Wakil Menteri Perdagangan, dalam konfrensi pers Ekspor-Impor, di Gedung Kementrian Perdagangan, Jakarta, Rabu (7/4).

Mahendra mengatakan, peningkatan tersebut telah melampaui target pemerintah sebesar 7-8,5 % pada 2010. Peningkatan itu didukung oleh peningkatan ekspor dari seluruh sektor.

Ia menuturkan, peningkatan tertinggi terjadi pada sektor pertambangan yang naik sebesar 137,0 % terutama pada sektor batu bara dan tembaga yang dipicu tingginya permintaan RRT, Amerika Serikat dan Jepang untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya.

“Selain itu faktor meningkatnya harga barang tambang juga mempengaruhi kenaikan ekspor sektor pertambangan. Ekspor sektor industri juga mulai memperlihatkan kinerja lebih baik dari pada tahun lalu,” jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.