Tuesday, January 17, 2017

ExxonMobile

December 27, 2009 by  
Filed under BBM, Featured

Perusahaan minyak yang berkantor pusat di Irving – Texas ini terbentuk melalui merger antara dua  perusahaan minyak besar Exxon dan Mobil pada tanggal 30 November 1999. Merger ini menjadikan ExxonMobil menjadi perusahaan terbuka terbesar di dunia saat ini. 6 tahun setelah merger yaitu tahun 2005, ExxonMobil mencatat keuntungan operasionalnya yang fantastis yaitu sebesar US$36,13 miliar yang menjadikannya masuk dalam jajaran 4 besar perusahaan minyak raksasa dunia bersama Total, British Petroleum dan tentu saja Shell.

Berdasarkan majalah Fortune terbitan April 2009,  tercatat angka pemasukan ExxonMobil Corp tahun  2008 mencapai angka Rp 4.761 triliun atau 442,9 miliar dollar AS (Rp 4.761 triliun), yang berarti 5 kali lebih besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia. Disebutkan pula  ExxonMobil juga meraih laba bersih tertinggi yaitu 45,2 miliar dollar AS dengan nilai kapitalisasi pasar  tertingi di dunia pula yaitu mencapai angka 335,54 miliar dollar AS.

November bulan lalu, pemerintah Irak melakukan  perjanjian kontrak 20 tahun dengan  Exxon Mobil Corp dan Royal Dutch Shell PLC dalam pengembangan ladang minyak di selatan negara itu.Ke-2 perusahaan itu akan mengembangkan ladang West Qurna 1 dan  berencana menggenjot produksi sampai 10 kali lipat dalam 7 tahun. Mereka akan menerima US$1,90 per barel produksi.

Hal itu menandai kembalinya Exxon Mobil dan Shell ke negara Irak memiliki cadangan minyak terbesar ketiga di dunia itu, setelah nasionalisasi sektor minyak yang dilakukan pada 1970-an. Persetujuan kabinet atas perjanjian Exxon-Shell muncul setelah Baghdad memfinalkan kontrak dengan raksasa minyak Inggris BP PLC dan CNPC China untuk menggarap ladang minyak Rumaila sebesar 17,8 miliar barel.

Comments

2 Responses to “ExxonMobile”
  1. eci says:

    kapan exxon ada pembukaan lowongan pekerjaan?aku lulusan ekonomi akuntansi?n bagaimana aku bisa bergabung?terima kasih.

  2. hadi wijaya says:

    Exxon mobile adalah potret perusahaan minyak raksasa yang sukses milik pemerintahan Amerika Serikat yang sudah selayaknya di contoh oleh perusahaan BUMN di Indonesia, bisa dibayangkan satu perusahaan Exxon Mobil dari BUMN AS bidsa memiliki laba 4 kali lipat APBN Indonesia,sedang ribuan BUMN milik AS lainya yang keuntungan operasionalnya juga besar, berapa devisa sesungguhnya negara Raksasa seperti Amerika Serikat, pantas mendapat julukan negara Adi Kuasa, oleh karena itu Amerika Serikat adalah negara yang sangat penting bagi Indonesia sampai kapanpun, elamat Exxon Mobile dalam ikut mensejahterakan rakyat Indonesia seperti di TV-TV….

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.