Thursday, January 19, 2017

Essar Group akuisisi tambang batu bara di Kaltim

March 28, 2010 by  
Filed under Coal

Essar Group, perusahaan multinasional berbasis baja, energi, tenaga listrik, komunikasi, logistik, konstruksi dan mineral, asal India, mengakuisisi perusahaan tambang batu bara Aries di Kutai, Kalimantan Timur.

Direktur Essar Group Anshuman Ruia mengatakan pihaknya telah menandatangani perjanjian definitif atas pembelian perusahaan tambang batu bara tersebut. Dia berharap seluruh proses transaksi bisa dituntaskan pada April ini.

Kesepakatan itu, ujarnya, memberikan kesempatan bagi Essar Power (anak usaha Essar Group India) untuk memiliki kesediaan sumber daya mineral hingga 100 juta ton batu bara dengan perkiraan cadangan sebesar 64 juta ton.

“Transaksi ini adalah bagian dari strategi Essar Power untuk terus mencapai integrasi antarperusahaan Essar dan mengamankan kebutuhan bahan baku operasi,” terang Ruia dalam keterangan pers yang diterima wartawan perindustrian, hari ini. Namun, dia tak menjelaskan secara rinci soal nilai akuisisi tersebut.

Advisor PT Essar Indonesia Nugraha Soekmawidjaja mengatakan tambang batu bara Aries saat ini memiliki bitumen batu bara berkualitas tinggi dengan kandungan GCV (gross calorific value) 6.000 kalori serta tingkat abu dan kelembaban rendah yang cocok untuk bahan bakar pembangkit listrik.

“Produksi dari tambang Indonesia ini diharapkan dapat segera dimulai dan berjalan penuh dalam setahun ke depan. Luas lahan berkisar 5.000 hektar dengan potensi produksi hingga 70.000 ton per bulan. Nilai akuisisi tambang itu pun kami belum dapat informasi mendetail,” katanya ketika dikonfirmasi hari ini.

Menurut dia, pasokan batu bara tersebut akan digunakan untuk Essar Power India, produsen tenaga listrik. “Namun, kami juga membuka kerja sama dengan PT PLN [Persero] terkait dengan pasokan batu bara,” jelasnya. Dia mengakui akuisisi perusahaan tambang batu bara oleh Essar Group di Indonesia baru dilakukan pertama kali.

Essar Power saat ini mengoperasikan empat unit pembangkit listrik berkapasitas total 1.220 MW di tiga lokasi yakni 2 unit di Hazira, satu unit di Vadinar, India, dan pembangkit berbasis coke oven gas di Algoma, Kanada. Kapasitas Essar Power akan terus ditingkatkan hingga jadi 6.100 MW pada 2012 melalui 6 proyek konstruksi.

Berdasarkan catatan Essar Indonesia, Essar Group beroperasi di lebih dari 20 negara di seluruh dunia dengan total tenaga kerja lebih dari 60.000 orang. Pendapatan usaha grup pada tahun lalu mencapai US$15 miliar.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.