Friday, May 26, 2017

ESDM tidak khawatirkan penurunan produksi BBM

December 1, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Energi ;  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis penurunan produksi minyak nasional secara alamiah rata-rata hingga 12% per tahun akan segera teratasi dengan semakin menariknya sektor migas Indonesia bagi iklim investasi.

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengemukakan dengan kondisi sumur-sumur tua serta tidak adanya penemuan cadangan baru di Tanah Air, memang berdampak terhadap pencapaian produksi minyak belakangan ini yang secara alamiah turun hingga 12% dibandingkan keadaan normal.

Namun, jelas dia, dengan ditandatanganinya empat kontrak kerja sama wilayah kerja (WK) minyak dan gas yang ditawarkan melalui penawaran langsung dalam lelang putaran pertama 2010, tentunya akan menambah kegiatan eksplorasi migas di dalam negeri.

“Memang kita mengenal declining rate 12% per tahun, tetapi dengan adanya penandatanganan ini, kita bisa mengatasi declining rate tersebut, bahkan diperkecil dan insya Allah menjadi postif,” tutur dia, akhir pekan.

Menurut dia, ada dua harapan dengan adanya penandatanganan kontrak kerja sama WK migas tersebut, yakni, pertama, penandatangan kontrak migas membuktikan bahwa investasi di subsektor migas masih mnggembirakan dan Indonesia semakin menarik bagi dunia investasi.

Kedua, lanjut dia, kegiatan eksplorasi migas di Tanah Air akan semakin bertambah, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan penemuan-penemuan cadangan migas baru. “Tentunya dapat mendukung [pencapaian] target produksi nasional, yang pada akhirnya akan membantu kontribusi subsektor migas terhadap penerimaan negara,” tutur Darwin.

Untuk diketahui, keempat kontrak kerja sama migas yang sudah ditandatangani tersebut, yakni North Sokang Energy Ltd untuk WK North Sokang yang berlokasi di lepas pantai timur Natuna, Kepulauan Riau.

Selanjutnya, konsorsium Awe (Titan) NZ Limited-Baruna Oil and Gas dan PT Sillo Maritime Perdana (Titan) untuk Blok Titan di lepas pantai timur laut Pati, Jawa Tengah. Kemudia, Mitra Energy (Indonesia Bone) Limited untuk Blok Bone di lepas pantai Bone, Sulawesi Selatan, dan BP North Arafura Limited untuk North Arafura di daratan dan lepas pantai Akimeugah, Papua.

Komitmen pasti investasi eksplorasi untuk keempat WK migas tersebut sebesar US$28 juta dan bonus tanda tangan (signature bonus) US$4,2 juta selama tiga tahun pertama eksplorasi.

Sementara itu, satu pengeboran sumur eksplorasi akan dilakukan untuk WK North Sokang dan satu lagi di Titan.

Di sisi lain, pemerintah kembali menawarkan sebanyak 24 WK migas putaran II 2010, yang terdiri dari 17 WK melalui tender reguler dan 7 WK penawaran langsung.

Seperti dikutip situs resmi Kementerian ESDM, pengumuman penawaran WK migas tersebut dilakukan oleh Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas A. Edy Hermantoro pada acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IAGI di Lombok 23 November lalu.

Untuk tender reguler tender tersebut, pengambilan dokumennya dijadwalkan mulai 10 Desember 2010-22 April 2011, forum klarifikasi mulai 13 Desember 2010-20 April 2011, dan pemasukan dokumen pada 25 April 2011.

Sementara itu, jadwal pengambilan dokumen untuk penawaran langsung mulai 10 Desember 2010-7 Februari 2011, forum klarifikasi mulai 13 Desember 2010-4 Februari 2011, dan pemasukan dokumen pada 9 Februari 2011.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.