Monday, January 23, 2017

ESDM siapkan asas cabotage bahas dengan Obama

November 10, 2010 by  
Filed under BBG

Energi ;  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memanfaatkan kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk membahas implementasi ketentuan Undang-Undang Pelayaran yang mewajibkan semua fasilitas terapung di laut Indonsia harus berbendera Indonesia (asas cabotage) di sektor minyak dan gas bumi.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Ditjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro mengungkapkan kementerian menyiapkan persoalan asas cabotage untuk sektor migas menjadi salah satu pembahasan dengan Obama.

“Memang ada beberapa [pembahasan], tetapi kita siapkan soal asas cabotage ini, yang kongritnya untuk mendukung kegiatan migas di Indonesia,” tuturnya, hari ini.

Menurut dia, ada beberapa perusahaan migas asing, tidak hanya asal AS yang melakukan kegiatan di laut Indonesia. Dengan adanya pembicaraan tersebut, jelasnya, diharapkan bisa mendukung berjalannya aktivitas yang menggunakan angkutan minyak dan gas di laut Indonesia.

Terkait rencana kerja sama baru di sektor migas AS-Indonesia, Edy mengatakan pada dasarnya kedua negara sudah diwadahi melalui joint commission meeting yang dikoordinir oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton beberapa waktu lalu.

“Ada beberapa poin yang dibahas, di antaranya pemanfaatan bahan bakar nabati, pemanfaatan algae, dan macam-macam.”

Selain membahas persoalan asas cabotage di sektor migas, jelas dia, pihaknya berharap kunjungan Obama juga bisa meningkatkan investasi perusahaan migas AS di Indonesia, tidak hanya skala besar tetapi juga perusahaan kecil.

“Dari dulu kan perusahaan migas Amerika itu sudah masuk, seperti ExxonMobil, Murphy, dan lainnya. Sekarang ini kita inginkan intensif saja supaya [perusahaan] yang kecil-kecil juga masuk ke Indonesia,” tutur Edy.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.