Friday, January 20, 2017

ESDM dukung upaya Satgas berantas mafia tambang

April 20, 2010 by  
Filed under BBM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendukung upaya tim Satgas Pemberantasan Mafia Hukum di sektor pertambangan sebagai upaya perbaikan di sektor tersebut.

Dirjen Mineral, Batubara, dan Panas Bumi Kementerian ESDM Bambang Setiawan mengatakan pihaknya tidak akan mempersoalkan upaya tim Satgas mengungkap kasus-kasus mafia hukum di sektor pertambangan.

“Apa yang dilakukan oleh tim Satgas pemberantasan hukum di sektor pertambangan merupakan upaya perbaikan. Kami tidak apa-apa. Mau pusat kena, mau provinsi kena ya biarin saja. Kenapa harus dipusingin,” ujarnya di Gedung MPR/DPR, malam ini.

Terkait pernyataan Dirut PLN Dahlan Iskan bahwa perseroan tidak bisa mendapatkan izin kepemilikan kuasa pertambangan (KP) batu bara karena adanya upaya sogok dari oknum lain, Bambang menegaskan tidak ada mafia dalam hal pemberian KP kepada BUMN listrik itu.

Menurut dia, selama ini pemberian izin KP merupakan kewenangan pemerintah daerah sesuai dengan hak dalam otonomi daerah. Akibatnya, kata dia, pemda bisa saja membagikan izin KP kepada siapa saja.

“Pemda kan berkeweangan membagi izin KP kemana-mana. Jadi tidak ada mafia,” kata Bambang.

Selain persoalan mafia, lanjut dia, Kementerian ESDM berharap tim satgas pemberantasan mafia hukum juga mampu memberantas pertambangan ilegal. “Mudah-mudahan mereka selesaikan illegal mining yang jelas-jelas banyak,” tuturnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.