Friday, May 26, 2017

ESDM tunggu petunjuk Kemenlu terkait clean energy

November 14, 2010 by  
Filed under Alternatif

Energi ;  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu petunjuk resmi dari Kementerian Luar Negeri mengenai kesepakatan kerja sama clean energy Amerika Serikat-Indonesia, menyusul kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Luluk Sumiarso mengungkapkan pada dasarnya kementeriannya hanya menyiapkan teknis pelaksanaan kerja sama energi AS-Indonesia, sedangkan vocal point-nya ada di Kementerian Luar Negeri.

“Kalau yang berkaitan dengan kunjungan Obama ini, kami tidak mau mendahului. Tunggu hasil resminya saja. Tentunya kami [Kementerian ESDM] siapkan teknisnya, tetapi vocal pointnya ada di Kemenlu,” tuturnya, hari ini.

Pada dasarnya, jelasnya, sebelum adanya kunjungan Obama ke Tanah Air, kedua negara juga sudah memiliki hubungan kerja sama energi. Namun, lanjut dia, terkait substansi dan bagaimana tidak lanjut kedatangan Obama ke Indonesia yang disebut untuk clean energy dan geothermal, tentunya menunggu arahan dari Kemenlu.

“Untuk detailnya [kerja sama energi] itu, kami mesti diundang rapat. Sepanjang menyangkut kami [sektor energi] ya kami siapkan. Kami stand by saja,” tutur Luluk.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga akan dimanfaatkan untuk peningkatan di bidang investasi, terutama menyangkut clean energy.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.