Thursday, July 27, 2017

ESDM berencana pisahkan royalti hulu dan hilir

November 4, 2010 by  
Filed under BBM

JAKARTA: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengusulkan adanya perbedaan besaran royalti antara industri hilir dan hulu pertambangan untuk menarik minat investasi di sektor tersebut.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Setiawan menilai hingga kini investasi di sektor hilir pertambangan masih terbilang kecil, mengingat kebutuhan investasi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan industri hulu.

“Saya punya wacana, nanti makin ke hilir royaltinya itu harusnya makin berkurang karena kan ada nilai tambahnya, supaya investor itu tertarik. Tetapi itu harus disusun dulu. Nanti kami akan usulkan,” tutur dia, hari ini.

Menurut dia, ketentuan royalti untuk industri hulu dan hilir pertambangan tidak dibedakan besarannya. Padahal, jelas dia, biaya yang dibutuhkan untuk industri hilir pertambangan jauh lebih besar daripada industri hulu.

Meski demikian, lanjut dia, tidak semua komoditas pertambangan memperoleh pengurangan besaran royalti tersebut karena akan disesuaikan dengan kebutuhannya di dalam negeri.

Selain itu, kata dia, pemberian insentif berupa pengurangan royalti itu biasanya hanya diperuntukkan bagi industri yang sifatnya pioner atau di daerah frontier, sebagai pembangunan pabrik pengolahan di kawasan Indonesia Timur.

Misalnya, dia mencontohkan tembaga berkemungkinan bisa saja tidak mendapatkan pengurangan royalti, mengingat proses pengubahan dari tembaga ke calcium carbonate tidak terlalu membutuhkan banyak biaya.

“Yang seperti tembaga itu tidak perlu [pengurangan royalti]. Yang perlu dikasih insentif itu kalau biaya ke hilirnya begitu besar, seperti nikel, mangan, tetapi kalau emas saya kira tidak perlu. Emas selama ini sudah cukup bisa ditangani,” tutur Bambang.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.