Monday, July 24, 2017

ESDM akan beri tambahan data soal proyek Donggi

May 31, 2010 by  
Filed under BBG

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan memberikan data tambahan berupa kebutuhan dan pasokan untuk domestik terkait dengan keputusan kelanjutan proyek Donggi-Senoro.

“Untuk ikut memutuskan Donggi-Senoro, sekarang kita sedang memperhitungkan secara keseluruhan supply dan demand dalam negeri, lengkap,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo seperti dikutip dari situs Ditjen Migas hari ini.

Evita mengatakan data tambahan ini merupakan permintaan Wapres Boediono yang ingin melihat supply dan demand gas untuk domestik secara lebih luas.

“Kalau kemarin kan hanya [keekonomian] Donggi-Senoro saja. Sekarang diperluas mengenai kondisi supply dan demand di Indonesia. Jadi kita tidak melihat sepotong kecil, tapi melihat semuanya. Supply-nya yang ada apa saja, mana yang bisa dipenuhi, mana yang belum,” jelasnya.

Data tambahan yang disampaikan ke Wapres tersebut, papar Evita, semacam Neraca Gas Indonesia (NGI) namun lebih terperinci.

Ditjen Migas menyusunnya berdasarkan data seluruh lapangan yang telah berproduksi dan belum. Untuk lapangan yang belum berproduksi, dibatasi lapangan yang telah disetujui PoD-nya atau telah mengajukan PoD.

Sebelumnya, Menteri ESDM Darwin Z. Saleh kembali melemparkan tanggung jawab masalah alokasi gas dari ladang Donggi-Senoro ke tangan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Wapres Boediono untuk memutuskannya.

“[Keputusannya] Belum. Saya belum dapat informasi lagi. Itu bergantung pada rapat di tingkat Menko Perekonomian dan Wapres,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah melaporkan rekomendasi penyelesaian mengenai masalah alokasi gas dari ladang Donggi-Senoro ke Menko Perekonomian dan Wapres, baru-baru ini. Namun, dia tidak memerinci lebih detail opsi yang ditawarkan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.