Saturday, May 27, 2017

Energi Mega targetkan produksi gas 300 MMscfd

May 12, 2010 by  
Filed under BBG

PT Energi Mega Persada Tbk menargetkan bisa memproduksi gas sebanyak 300 MMscfd dari Lapangan Terangsirasun Batur, Blok Kangean pada akhir 2011 yang seluruh produksinya akan dipasok ke konsumen dalam negeri.

Dirut Energi Mega Imam P Agustino mengatakan perusahaan telah menargetkan tingkat produksi gas dari Lapangan Terangsirasun Batur bisa dicapai pada akhir 2011 degan tingkat produksi plateu sebesar 300 MMscfd.

Untuk komersialisasi gas, tuturnya, perusahaan sudah terikat kesepakatan jual beli dengan beberapa konsumen dalam negeri, seperti PLN, Pertagas, Indogas, dan Petrokimia Gresik.

“PLN akan menyerap 130 MMscfd, Pertagas 100 MMscfd, Petrokimia Gresik 65 MMscfd dan Indogas sebanyak 20 MMscfd. Penandatanganan kontrak sudah dilakukan sejak akhir 2007—awal 2008,” katanya hari ini.

Menurut dia, produksi plateu tersebut akan dipertahankan selama 12 tahun. Cadangan gas dari lapangan tersebut mencapai sekitar 1,2 triliun kaki kubik (tcf). Untuk memasok ke konsumen domestik itu, katanya, perusahaan akan memanfaatkan pipa Trans Java Pipeline milik PT Pertamina (Persero).

“Soal pipa tidak ada kendala karena pipa milik Pertamina itu berkapasitas 600 MMScfd dan utilisasinya baru sekitar 35 MMscfd.”

Investor Relations Energi Mega Herwin W Hidayat menambahkan perusahaan hanya membayar tollfee sekitar US$0,05 per juta British thermal unit (Btu) atau sekitar US$3 per barel.

Adapun, katanya, harga untuk seluruh konsumen gas Terangsirasun Batur sekitar US$4,1 per juta Btu. “Harga gasnya masih dalam proses amendemen kontrak. Kami memerlukan kenaikan itu karena adanya peningkatan biaya operasional.”

Lebih lanjut Imam P Agustino mengatakan untuk komersialisasi gas Terangsirasun Batur perusahaan akan segera menetapkan pemenang fasilitas pemrosesan gas terapung (floating processing unit/FPU) dalam waktu dekat.

Dia menerangkan FPU tersebut dibutuhkan untuk memroses gas sebelum disalurkan ke konsumen melalui pipa.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.