Tuesday, July 25, 2017

Energi Jadi Fokus Utama Kunjungan 3 Kepala Negara

March 20, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Isu-isu seputar energi diduga kuat akan menjadi topik pembahasan hangat dalam kunjungan-kunjungan muhibah kepala Negara Republik Rakyat China, Iran, dan juga Amerika Serikat yang diperkirakan akan terjadi dalam tiga bulan ke depan.

Direktur Eksekutif Reforminer Institute Pri Agung Rakhmanto mengatakan kedatangan tiga kepala Negara sahabat dalam rentang waktu berdekatan tidak bisa dilepas dari kepentingan masing-masing negara. Di sektor energi, tuturnya, ketiganya memiliki kepentingan yang kuat atas keamanan investasi atau rencana-rencana proyek perusahaan asal ketiga Negara di Indonesia.

Kedatangan Obama, misalnya, tidak bisa dilepas dari kepentingan Amerika Serikat atas nasib proyek ExxonMobil di Natuna D Alpha dan juga keamanan investasi Freeport di Papua. Perusahaan-perusahaan asal AS, tuturnya, merupakan kontributor investasi utama di sektor energi di Indonesia.

“Kedua proyek besar itu pasti akan diagendakan untuk dibahas karena isunya cukup menonjol. Selain itu, AS tentu sangat berkepentingan juga menjaga investasi perusahaan-perusahaan AS lainnya, seperti Chevron, ConocoPhilips, dan juga Newmont,” katanya hari ini.

Kerja sama untuk memacu penggunaan energi bersih di Tanah Air bisa juga masuk dalam agenda pembicaraan. Namun, tuturnya, untuk energi bersih dan terbarukan seperti panas bumi, AS tidak lebih baik dibandingkan dengan Eropa yang sudah lebih maju.

Adapun, kedatangan Perdana Menteri China Wen Jiabao, selain akan membahas isu hangat berupa Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA), juga hampir dipastikan akan menyentuh persoalan proyek LNG Tangguh. Bagi Indonesia, tuturnya, kedatangan Jiabao tersebut bisa digunakan sebagai momentum untuk menyegarkan kembali rencana renegosiasi harga LNG Tangguh.

“Tahun ini merupakan tahun keempat proyek dalam skenario kontrak sehingga dimungkinkan price review dilakukan. Hanya saja, kalau itu kita lakukan di sisi China tentu akan berkepentingan mendapatkan trade off, di antaranya proyek-proyek ketenagalistrikannya di Indonesia,” jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.