Sunday, March 26, 2017

Pemerintah Undang Perbankan Rumuskan Insentif Energi Efisiensi

February 9, 2011 by  
Filed under Alternatif, Featured

Energi – JAKARTA. Bertempat di Gedung BI, Jakarta, Selasa (08/02/2011), Pemerintah mengundang kalangan Perbankan untuk bersama-sama menyusun rencana insentif energi efisiensi di Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam PP Nomor 70 tahun 2009 tentang Konservasi Energi. Acara dikemas dalam sebuah workshop yang menghadirkan pembicara dari Kementerian ESDM, BI, dan BPPT.

“Workshop ini adalah yang ke sekian kalinya, mengingat pihak perbankan membutuhkan informasi yang lebih detail karena belum familiar dengan core and business dari program-program green project, termasuk energi efisiensi,” papar Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Maryam Ayuni usai memberikan paparan pada Workshop tersebut.

Maryam menjelaskan, dari hasil audit yang dilakukan para pelaku usaha akan ada rekomendasi pemeliharaan atau penggantian alat agar konsumsi energi suatu pelaku usaha menjadi lebih efisien. “Pembelian peralatan baru yang lebih hemat energi butuh investasi besar, Untuk melakukan hal tersebut pihak bank diharapkan dapat memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah dan semacamnya guna mendukung suksesnya program ini,” ujar Maryam.

Di samping itu, lanjutnya, kita juga perlu membangun ESCO (Energy Service Company), agar dapat memberikan jasa dan penerapan teknologi energi efisiensi secara lebih professional.

Dengan energi efisiensi, para pelaku usaha nantinya dapat melakukan penghematan berkisar 10-20%, tergantung hasil audit. Beberapa perusahaan bahkan sudah memperoleh penghargaan di tingkat ASEAN dalam melakukan energi efisiensi, salah satunya adalah PT Semen Tonasa yang menjadi runner up pada ASEAN Energy Award 2009 lalu.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.