Thursday, March 30, 2017

Enam Kesepakatan Penjualan Gas Domestik Diteken

February 20, 2010 by  
Filed under BBG

Dengan difasilitasi Badan Pelaksana Hulu Minyak dan gas Bumi (BP Migas), Jumat, 19 Februari 2010, ditandatangani enam kesepakatan bisnis penjualan gas pipa, antara Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) migas dengan beberapa pembeli nasional. Seluruh volume gas yang terkontrak sebesar 75.904,96 Billion British Thermal Unit (BBTU), akan digunakan untuk meningkatkan pemanfaatan gas bagi kebutuhan domestik.

Demikian diungkapkan Sulistya Hastuti Wahyu, Kadin Humas dan Hubungan Kelembagaan BP Migas, di Jakarta. Adapun perjanjian yang yang ditandatangani terdiri dari tiga HoA (Head of Agreement), dua Amandemen PJBG (Perjanjian Jual Beli Gas), dan satu PJBG.

Secara lebih rinci, kontrak-kontrak tersebut adalah :

1. HoA antara PT. Pertamina EP dengan PT Pertamina (Persero). Gas yang terkontrak akan digunakan untuk memenuhi Proyek NGL Plant Sumatera Selatan (E -1 Pertagas). Dengan total volume 65359,00 TBTU (Trilliun British Thermal Unit)

2. Hoa antara Petrochina International Bermuda Ltd. dengan BUMD Pemerintah Kabupaten Sorong (PT.Malamoi Olom Wobok) untuk kelistrikan di Kabupaten Sorong. Dengan total volume 1460,00 TBTU.

3. HoA antara Kodeco Energy Co. Ltd. dengan BUMD Pemerintah Kabupaten Gresik (PT. Gresik Migas) untuk industri di Kabupaten Gresik.

4. PJBG antara PT. Pertamina EP dengan PT. Pelangi Cakrawala Losarang untuk industri di Losarang, Jawa Barat. Dengan total volume 6230,00 TBTU.

5. PJBG antara PT. Pertamina EP dengan PT. Tossa Sakti untuk industri di Jawa Tengah. Dengan total volume 1460,00 TBTU.

6. PJBG antara PT. Pertamina EP dengan PT. Medco E&P Indonesia untuk peningkatan produksi minyak. Dengan total volume 1395,96 TBTU.

Menurut Sulistya, sebagian kontrak yang ditandatangani merupakan kontrak gas baru. Sedangkan sebagian lainnya merupakan kontrak- kontrak yang sudah pernah ada. Sejak 2003 hingga 2009 telah disepakati 137 perjanjian dalam bentuk HOA, PJBG dan Amandemen PJBG.

“Diharapkan dengan adanya kesepakatan ini, industri migas dapat membantu pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus memacu pertumbuhan industri nasional lainnya, khususnya dalam sektor energi atau kelistrikan,” tambahnya.

majalahtambang.com
Abraham Lagaligo

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.