Sunday, March 26, 2017

Elpiji Pertamina penuhi spesifikasi pemerintah

October 4, 2010 by  
Filed under BBG

PT Pertamina (Persero) menegaskan produk elpiji yang dihasilkannya sudah sesuai dengan spesifikasi dan standard yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi No. 26525.K/10/DJM.T/2009.

VP Corporate Communications Pertamina Mochamad Harun menjelaskan komposisi produk elpiji yang dihasilkan Pertamina mengandung minimal campuran propane (C3) dan butane (C4) sebesar 97% serta maksimum 2% merupakan campuran pentane (C5) dan hidrokarbon yang lebih berat.

Menurut dia, batasan komposisi propane (C3) dan butane (C4) dalam spesifikasi tersebut dibatasi dengan parameter maksimum tekanan uap yang ditentukan sebesar 145 psi.

Komposisi campuran elpiji Pertamina yang mengandung 50% propane dan 50% butane telah sesuai dengan ketentuan tersebut baik dari aspek komposisi maupun tekanan uapnya yang telah diperhitungkan sesuai kalori atau daya bakar yang diperlukan untuk kebutuhan memasak rumah tangga.

“Tidak ada sedikitpun maksud Pertamina untuk merugikan konsumen. Justru Pertamina sangat memperhitungkan faktor keselamatan konsumen elpiji sehingga komposisi tersebut paling optimum untuk kebutuhan rumah tangga,” ujar Harun, siang ini.

Komposisi tersebut, lanjut dia, telah digunakan sejak awal program konversi dan tidak mengalami perubahan dengan mempertimbangkan ketersediaan bahan baku yang ada mengingat propane banyak dihasilkan oleh gas yang berasal dari lapangan migas. Sementara, butane dihasilkan dari kilang pengolahan minyak.

“Dari sisi keselamatan, komposisi tersebut merupakan komposisi yang optimum karena komposisi campuran tersebut dijaga pada level tekanan 120 psi atau 8 bar atau delapan kali tekanan udara luar,” tuturnya.

Tekanan ini sepertiga dari tekanan kerja yang dirancang untuk katup elpiji atau valve yang ada pada bagian atas tabung elpiji 12 kg maupun 3 kg sebesar 24 bar. Selain itu, komposisi tersebut juga telah mempertimbangkan keamanan dan kemampuan aksesoris sesuai standar SNI.

Dia menyebutkan jika ada sisa cairan yang diduga butane (C4) atau pentane (5) di dalam tabung elpiji 12 kg, patut diduga tabung elpiji 12 kg tersebut merupakan hasil oplosan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.