Wednesday, July 26, 2017

Ekspor 7.500 Metrik Ton Biodiesel Gagal Total

February 23, 2010 by  
Filed under Bio Energi

Sekitar 7.000-7.500 metrik ton produksi biodiesel Riau gagal diekspor ke pasar dunia. Ini terjadi akibat ulah para broker yang mempermainakan harga produk turunan pertama crude palm oil (CPO) tersebut di pasaran dunia.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan pada Dinas Perkebunan Provinsi Riau Ferry HC, Senin (22/2), mengatakan ribuan metrik ton biodiesel yang gagal diekspor tersebut milik PT Pelita Agung Agro Industri. “Perusahaan ini merupakan salah satu produsen biodiesel terbesar di Riau. Dan mereka mengadu ke kami soal produknya yang tidak lagi bisa diekspor karena adanya permainan harga dari broker sejak setahun terakhir,” jelasnya.

Sejak 2007 dan 2008, perusahaan itu aktif mengekspor biodiesel ke sejumlah negara mulai dari Pakistan, India, China, Eropa Timur, Belanda, dan Amerika. Sayangnya, kerja sama ekspor tersebut tidak diikat oleh kontrak penjualan jangka panjang. Dan sejak 2009 lalu hingga sekarang, produk perusahaan yang berlokasi di daerah Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, hanya tertahan di pabrik ketika para broker mempermainkan harga biodiesel.

Perusahaan sendiri, kata Ferry, tidak begitu mau terbuka soal permainan harga tersebut. “Yang jelas, mereka mengaku saat ini harga belinya tidak sebanding dengan ongkos produksi biodiesel tersebut. Selisihnya hampir Rp1.200 per kilogram,” jelasnya.

Menurut Ferry, kemungkinan besar masalah gagal ekpsor ini tidak hanya dialami perusahaan ini. Soalnya, masih ada tiga produsen besar biodiesel di Riau lainnya yakni Wilmar, Sinarmas, dan Syailendra. Namun, tidak satupun dari ketiga produsen ini yang mau terbuka.

“Kami yakin broker biodiesel Riau tersebut adalah pemain lama. Jadi perusahaan lain juga sebenarnya terimbas tapi mereka tidak mau terbuka. Kalau sudah begini, kami tidak bisa membantu mencarikan jalan keluar,” tandasnya.

tempointeraktif.com
SG Wibisono

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.