Monday, May 29, 2017

Conoco Phillips minta dukungan pemerintah untuk eksplorasi di Timur

May 22, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

JAKARTA: Conoco Philips meminta dukungan pemerintah untuk melanjukan ekspansi eksplorasi gas dan energy di wilayah timur Indonesia.

John A. Carrig  President and Chief Operating Officer of Conoco Phillips mengatakan pihaknya membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk melanjutkan ekspansi ke kawasan timur Indonesia.

“Kami tak hanya fokus pada pengembangan gas eksisting, tapi juga akan bergerak wilyah timur untuk mengesplorasi ptensi minyak dan gas di sana. Kami berharap dukungan pemerintah,” ujarnya seusai menemui
Wapres Boediono hari ini. Carrig didampingi President General Manager Conoco Philips Indonesia Jim W Taylor, serta Vice President Development and Relation Conoco Philips Indonesia TM Razief Fitri.

Razief mengatakan daerah yang akan dibidik adalah wilayah Sulawesi Barat dan Laut Arafuru di Kepulauan Ambon. Conoco sudah membahas rencana pengeboran minyak itu dengan pemerintah daerah setempat dan
menyiapkan persyaratan-persyartan  investasinya.

“Pemerintah, gubernurnya, baik Sulawesi Barat dan Ambon sangat kondusif sekali dalam mencapai iklim investasi di Indonesia,” ujarnya.

Razief berharap rencana ekspansi ke wilayah timur itu bisa direalisasikan pada akhir 2010 nanti.

Carrig menjelaskan Conoco Phillips sudah melakukan investasi pengeboran minyak di Indonesia sejak lama dan membantu pasokan gas di Sumara dan Jawa. Komitmen ini akan dilanjutkan dengan mencari daerah-daerah potensial baru.

“Kami piker sangat penting sekali bahwa perusahaan seperti kami untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan memasok enegri yang berkelanjutan,” jelasnya.

Yopie Hidayat, Juru Bicara Boediono, mengatakan Connoco sudah menyampaikan niat ekspansi dan berkomitmen untuk meningkatkan investasinya di Indonesia.

“Tadi Conoco menyampaikan keyakinan bahwa dia akan tetap beroperasi dan berinvestasi di Indonesia. Mereka juga menceritakan tentang beberapa rencana pengembangan minyak dan gas,” jelasnya.

Menurut Yopie, Boediono juga meminta Conoco mengeksploasi gas metana di Indoensia karena perusahaan itu merupakan salah satu yang menguasai teknologi pengeboran gas etana.

“Wapres mengundangn Conoco untuk juga mengembangkan metana karena di Indonesia potensinya biasa besar sekali,” ujarnya

Wakil Presiden Boediono belakangan memang tengah fokus membuat neraca gas nasional. Selain Conoco, Boediono juga pekan ini menerima Elisabeth Proust, Presiden Director and General Manager Total E&P Indonesia.

Pada Kamis kemarin, Boediono juga memimpin pembahasan kebutuhan gas domestic bersama Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Hatta mengatakan pemerintah sedang membuat strategi kebijakan energi nasional yang difokuskan pada kebutuhan industri domestik. Pemerintah kemungkinan besar akan mengutamakan pasokan gas Sumatra dan Jawa untuk kebutuhan dalam negeri. Adapun kebutuhan ekspor akan dipenuhi dari ladang-ladang gas di wilayah timur Indonesia.

“Pemerintah akan segera membantu membangun infrastrukturnya untuk menarik investor bergerak ke timur,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.