Tuesday, May 30, 2017

Dua Mahasiwa Indonesia Akan Presentasi Karya Tulis di Ajang Renews

October 17, 2010 by  
Filed under Featured, Conference

Dua mahasiswa Fakultas Geografi, Universitas Gajah Mada (UGM) yaitu Anggit Priatmodjo dan Nailu Rahman lolos untuk mengikuti seleksi  dalam acara konferensi Internasional Renewable Energy Conference (Renews) di Berlin, Jerman Oktober 2010 ini.

Anggit dan Nailu lolos seleksi bersama 28 peserta lainnya dan terpilih mengikuti konferensi mengangkat topik Hidrokarbon dan Energi Terbarukan. Selain mengikuti konferensi, keduanya akan mempresentasikan karya tulis. “Karya tulis itu membahas pemanfaatan sampah organik bahan baku bioetanol,” kata Anggit dan Nailu seperti dikutip dari situs www.kr.co.id.

Image

Anggit menjelaskan, latarbelakang berminat mengambil judul karya tulis bertemakan sampah organik dan bahan baku bioetanol pasalnya kemungkinan pemanfaatan bahan pangan sebagai bahan baku yang sudah berjalan selama ini dapat menimbulkan krisis pangan. Padahal, masih banyak bahan baku lain yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku bioetanol yaitu sampah organik yang misalnya berasal dari buah-buahan yang busuk dengan melalui serangkaian proses yang mengubah menjadi bioetanol.

“Bioetanol ini dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif,” kata Nailu  yang karya tulisnya-nya menyoroti tantangan dan peluang dalam upaya menciptakan kemandirian energi di Indonesia. Selama ini paradigma yang digunakan terkait kebijakan energi nasional supply side policy.

Kebijakan itu menitikberatkan pada ketersediaan jaminan pasokan energi nasional dengan meningkatkan kapasitas jumlah produksi sumber-sumber energi dan peningkatan eksplorasi sumber energi. “Paradigma kebijakan energi sekarang telah bergeser dengan konsep demand side policy,” tuturnya.

Berbagai persiapan dilakukan menjelang keberangkatan ke Jerman, selain itu rutin berlatih untuk presentasi dan memperdalam materi yang akan disampaikan nantinya.

Renews 2010 diprakarsai Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jerman dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.