Monday, May 22, 2017

Dua Lapangan CBM Ephindo Produksi Gas di 2011

April 21, 2010 by  
Filed under BBG

Jakarta – Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) menyakini dari 2 lapangan gas alam cair (coalbed methana) yang siap berproduksi di 2011.

Hal tersebut dikatakan Kasubid Bidang Usaha Hulu Migas, Ditjen Migas, Darwin Sirait kepada INILAH.COM di Jakarta, Selasa (20/4) malam. “Sudah ada dua lapangan CBM yang progress eksplorasi sumur produksinya nsangat lumayan dan diharapkan 2011 sudah bisa berproduksi. Kedua lapangan tersebut milik Ephindo bersama mitranya,” kata Darwin.

Sebenarnya, menurut Darwin, ada lima lapangan namun yang paling maju adalah kedua lapangan tersebut salah satunya terletak di CBM Sekayu di Sumatera yang dikelola Medco bersama Ephindo. “Progress eksplorasi lapangan ini sudah bagus, sudah ada sumur eksplorasi,” katanya.

Lapangan CBM kedua adalah lapangan Sangatta I yang dikelola Ephindo dan Pertamina EP. “Dari hasil coring mereka sudah bagus, mereka sudah mengebor beberapa sumur dan hasilnya cukup bagus,” tukasnya.

Lapangan CBM lainnya adalah Pulau Pisang dan Tanjung Enim. Sebenarnya, menurut Darwin, Indonesia termasuk cepat dalam mengelola lapangan CBM. Biasanya pengembangan CBM memerlukan waktu yang lama. Proses yang paling lama biasanya soal upaya dewatering.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.