Thursday, March 30, 2017

DPRD DKI rekomendasi pembentukan BUMD energi

May 6, 2010 by  
Filed under BBM

DPRD DKI merekomendasikan Pemprov DKI untuk membentuk badan usaha milik daerah (BUMD) baru terkait penyediaan energi di Jakarta, menyusul masih minimnya pengelola dan pasokan sumber energi di Jakarta saat ini.

Dua sumber energi yang menurut DPRD mendesak untuk dibentuk perusahaan pengelolanya itu adalah energi listrik dan gas. Usulan itu muncul dalam rekomendasi DPRD kepada Gubernur DKI Fauzi Bowo.

Wakil Ketua DPRD DKI Lulung Lunggana mengatakan saat ini pasokan energi listrik dan gas di Jakarta sangatlah kurang. Oleh karena itu Pemprov DKI perlu membentuk BUMD yang menjamin pasokan gas dan listrik di Jakarta secepatnya.

Hal tersebut, lanjutnya, untuk menghindari ketergantungan tehadap sumber energi yang kini menjadi andalan Pemprov DKI, yakni listrik dan gas.

“Perlu dijajaki pembentukan perusahaan gas daerah [PGD] yang dapat memberikan supply langsung ke konsumen dan mendapatkan energi gas secara langusng dari produsen gas di wilayah kerja minyak dan gas,” ujar Lulung.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan saat ini Pemprov DKI memang tengah melakukan proses pengkajian pembentukan BUMD energi, dan diharapkan bisa segera terealisasi.

Menurut Fauzi, pembentukan BUMD bukan merupakan hal yang mudah karena harus dilakukan dengan perencanaan matang dan pengkajian yang tepat, termasuk juga persiapan masalah finansialnya. “Sudah lama kami ingin membentuk BUMD energi, tapi kami tidak mau terburu-buru. Pertama, kami harus pelajari betul kebutuhan energi di Jakarta pada masa sekarang dan yang akan datang,” katanya.

Dia mengatakan pasokan energi itu juga harus melihat dan mempelajari pola pemasokan energi di Jawa -Bali, sehingga keberadaaannya tidak tumpang tindih dan bisa memasok daerah di luar Jakarta.

Dia berharap realisasi rencana itu bisa menjamin pasokan energi di Jakarta dalam 15 tahun ke depan. Pasalnya, dalam beberapa tahun ke depan kebutuhan energi di Jakarta akan makin bertambah, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan infrastruktur yang terbangun

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.