Tuesday, January 17, 2017

DKI Targetkan Earth Hour Akan Hemat Energi 10%

March 20, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Pemprov DKI menargetkan program pemadaman lampu selama 1 jam pada Sabtu malam dalam rangka Earth Hour yang diprakarsai oleh World Wildlife Fund (WWF) bisa menghemat 10% konsumsi energi di Jakarta, atau 300 megawatt.

Penghematan itu juga sama dengan pengurangan 260 ton karbondioksida (CO2) yang dilepas ke udara dan menghemat Rp210 juta untuk konsumsi listrik.

Untuk mencapai target itu, seluruh stakeholders, pengelola gedung, pengusaha dan masyarakat Jakarta dihimbau untuk ikut berpartisipasi dalam aksi global Earth Hour Jakarta 2010, dengan memadamkan lampu selama 1 jam pada Sabtu pukul 20.30-21.30.

Gubernur DKI Fauzi Bowo mengatakan untuk tahun ini ditargetkan 400 gedung akan turut memadamkan lampu secara serentak di Ibu Kota, atau naik dua kali lipat dari peserta tahun lalu. Saat itu, terjadi penghematan listrik sebesar 50 MW.

“Saya harap pelaksanaan Earth Hour tahun ini bisa berjalan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu, dan warga serta pemilik gedung yang ikut serta lebih banyak, sehingga target kami bisa tercapai,” ujar Fauzi Bowo seusai audiensi dengan media tentang pelaksanaan kampanye Earth Hour di Jakarta, hari ini.

Meski demikian, dia mengatakan ada pengecualian untuk gedung pelayanan publik yang memerlukan layanan gawat darurat atau emergency seperti rumah sakit dan puskesmas tidak akan diwajibkan mengikuti aksi ini. Pasalnya, pemadaman tentu saja akan mengganggu aktivitas mereka.

Selain itu, sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Fauzi juga mengatakan telah secara resmi telah mengirimkan surat imbauan kepada gubernur di 33 Provinsi dan para wali kota untuk melaksanakan hal yang sama.

Tujuannya, agar kampanye Earth Hour ini dapat diikuti oleh kota-kota lain, bahkan bisa menjadi sentral pelaksanaan pemadaman lampu.

“Tahun depan mungkin bisa di Surabaya, Medan, atau kota-kota besar lainnya. Karena memang konsumsi energi yang cukup besar di daerah urban,” tambahnya.

Gubernur juga mengharapkan program pemadaman lampu ini tidak hanya menjadi program tahunan semata. Namun, dapat juga dilakukan secara rutin oleh warga Jakarta dengan kesadaran mereka sendiri dalam penghematan energi.

Berdasarkan data PT PLN, Jakarta dan Tangerang merupakan lokasi dengan konsumsi terbesar di Indonesia. Setidaknya 23% dari total konsumsi listrik di Indonesia merupakan konsumsi listrik di kedua kota itu.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.