Saturday, May 27, 2017

Penawaran distribusi BBM bersubsidi mulai Senin

June 5, 2010 by  
Filed under BBM

Badan Pengatur Hilir akan memulai proses penawaran pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi 2011 pada Senin pekan depan.

Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio mengatakan badan pengatur telah mengundang badan-badan usaha hilir minyak untuk terlibat dalam penyediaan BBM bersubsidi atau public service obligation (PSO). Pada Senin, tuturnya, badan usaha tersebut akan mulai proses seleksi yang dimulai dengan penjelasan mekanisme PSO 2011.

“Senin badan usaha diundang untuk mendengarkan penjelasan mekanisme PSO 2011,” katanya hari ini.

Jugi menjelaskan badan usaha di luar PT Pertamina (Persero) tetap akan dijadikan sebagai pendamping bagi BUMN migas tersebut. Hanya saja, dia tidak menjelaskan apakah PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk  dan PT Petronas Niaga Indonesia tetap akan menjadi pendamping Pertamina untuk wilayah-wilayah yang sudah dikuasai saat ini.

Seperti diketahui, pada 2010 AKR dan Petronas menjadi pendamping Pertamina dalam mendistribusikan BBM bersubsidi. AKR mendapatkan hak untuk menyalurkan solar sebanyak 56.500 kiloliter melalui agen penjualan minyak dan solar (APMS) dan stasiun pengisian diesel nelayan (SPDN), sedangkan Petronas mendapatkan tugas untuk menyalurkan 20.440 kiloliter premium melalui SPBU.

AKR menyalurkan solar di Kota Deli Serdang, Medan, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Utara, Bandar Lampung, Banjarmasin dan Pontianak. Adapun, Petronas menyalurkan premium PSO hanya di empat SPBU yang dimilikinya di Medan.

Jugi mengatakan untuk 2011, BPH Migas akan menawarkan area-area yang perlu pendampingan kepada badan-badan usaha penyedia BBM swasta. Menurut dia, mekanisme yang dianut pada 2011 akan sedikit berbeda dengan apa yang sudah terjadi pada 2010.

“Kalau 2010 penunjukan via beuty contest didasarkan pada kesiapan BU di area tertentu. Kalau 2011 area baru dapat dibuka untuk badan usaha baik yang lama maupun yang baru,” jelasnya.

Berdasarkan proyeksi konsumsi BBM Pertamina, total konsumsi premium oleh kendaraan bermotor pada 2011 diperkirakan akan mencapai sekitar 22,73 juta kiloliter dengan asumsi pertumbuhan konsumsi premium mencapai 6% per tahun. Adapun, proyeksi konsumsi solar dari kendaraan bermotor di tahun yang sama diperkirakan akan mencapai 12,74 juta kiloliter.

Adapun, prognosa konsumsi premium 2010 hingga akhir 2010 diperkirakan akan mencapai sekitar 21,22 juta kiloliter atau 3,6% di atas kuota tahun ini yang mencapai 21,45 juta kiloliter. Adapun, konsumsi solar di tahun yang sama diperkirakan mencapai 12,48 juta kiloliter atau sekitar 10,9% di atas kuota.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.